HousingEstate, Jakarta - Kota baru BSD City (6.000 ha) di Serpong, Tangerang, Banten, terus bertransformasi menjadikan kawasannya sebagai integrated smart digital city. Salah satunya dengan mengintegrasikan Stasiun kereta komuter di Cisauk dengan Kawasan Intermoda BSD City, guna memudahkan mobilitas warga BSD City dengan transportasi umum.

Intermoda adalah kawasan komersial seluas 25 ha sekaligus terminal angkutan umum seperti angkot dan bus yang meyalani internal kawasan BSD (BSD Link). Arealnya berdampingan dengan stasiun Cisauk.

“Salah satu elemen smart city adalah cepatnya mobilitas atau perpindahan orang dari satu tempat ke tempat lain. BSD City memiliki tiga stasiun yang dilintasi kereta komuter megapolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) termasuk Cisauk. Tingginya pengguna commuter line itu membuat stasiun direnovasi dan fasilitasnya dibuat senyaman mungkin, sehingga ada migrasi dari kendaraan pribadi ke transportasi umum,” kata Atikah Sunarya, Head of Public Relations and Social Media Sinar Mas Land (SML), pengembang BSD City, melalui siaran pers di Jakarta, Senin (8/4/2019).

Pada Februari 2019 stasiun Cisauk telah tampil dengan wajah baru yang berkesan futuristik. Berdiri di atas lahan seluas 11.440 m2, stasiun dilengkapi berbagai fasilitas. Gedung utama stasiun berada di lantai dua yang juga berfungsi menjadi penghubung antar peron yang dilengkapi eskalator, lift, hingga ramp untuk memudahkan kaum disabilitas.

Kepala Stasiun Cisauk Evan Dwi mengatakan, jumlah penumpang Stasiun Cisauk terus meningkat dari awalnya 5.500 orang per hari hingga saat ini mencapai 14 ribu orang. “Adanya akses baru dan integrasi dengan Pasar Modern Intermoda dan Terminal Intemoda (di BSD) memberikan peningkatan (penumpang) yang signifikan, terlebih saat akhir pekan,” ungkapnya.

Saat ini Stasiun Cisauk, Pasar Modern Intermoda, dan Terminal BSD Link telah terhubung dengan stasiun melalui skybridge (jembatan) sepanjang 300 m. Dari stasiun pengguna kereta dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan BSD Link, shuttle bus gratis yang melayani rute ke berbagai klaster hunian dan apartemen di BSD serta berbagai fasilitasnya seperti AEON Mall, ICE, The Breeze, dan lain sebagainya.

Shuttle bus itu hadir dengan jadwal yang teratur dilengkapi pemantau GPS. Pengguna bisa memantau keberadaannya melalui berbagai aplikasi seperti OneSmile dan OneSmile 2.0. Kami juga sudah bekerja sama dengan Grab untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi khususnya bagi warga BSD City,” jelas Atikah.