HousingEstate, Jakarta - Perubahan gaya hidup akibat perkembangan pesat teknologi informasi (TI), membuat banyak produsen mengubah strategi bisnis supaya lebih pas dengan situasi pasar. Ini berlaku juga untuk toko furnishing dan perkakas HIAS House (PT HIAS Ritel Indonesia di bawah Ancora Group).

Awalnya HIAS menjual berbagai peralatan rumah tangga dan aneka perkakas, namun sekarang mengubah konsep menjadi HIAS House yang khusus menjual produk interior rumah. “Dulu konsep toko kami apapun ada. Tapi, beberapa tahun terakhir seiring persaingan yang semakin ketat, kami berpikir harus bisa memberikan benefit lain, tidak bisa lagi hanya bersaing dari sisi harga. Kini HIAS House fokus pada pemenuhan kebutuhan interior dengan penekanan pada produk yang new, stylish, trendi, dengan target pasar keluarga muda yang mau menata rumah pertamanya,” kata Fanda Soesilo, Direktur HIAS House, saat pembukaan toko di Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (10/4/2019).

Konsep toko didesain sedemikian rupa menjadi showroom yang terbagi dalam lima departemen, untuk memudahkan konsumen mendapatkan segala kebutuhannya sekaligus meniru penataannya di rumah. Lima departemennya: living, dining, kitchen, bed, dan bath, didekorasi lebih segar dan cozy.

Perubahan konsep juga dilakukan karena situasi pasar yang mudah bosan dan cepat berubah, termasuk kegemaran menata ulang interior rumah secara berkala. Selain fokus pada produk untuk mengisi hunian baru, HIAS House juga akan membantu konsumen yang ingin mengganti atau menata ulang interior rumahnya 6-12 bulan sekali.

Karena itu disediakan juga jasa konsultasi desain hingga organizer untuk menata rumah bagi konsumen yang membeli set perangkat interior. Jadi, ibu-ibu muda yang senang menata rumahnya bisa dibantu membuat rumahnya tetap terlihat cantik kendati ukurannya makin mungil.

“Kami melihat produk-produk interior seperti ini tetap harus dikonsep sebagai experience store yang bukan hanya bisa dilihat tapi juga disentuh dan dirasakan. Makanya selain ada sistem pembelian online, kami tetap fokus pada konsep experience store (offline) untuk kebanyakan konsumen. Kami juga bekerja sama dengan pengembang mengisi interior unit contoh rumah dan apartemen. Targetnya kami bisa membuka toko setiap tiga bulan sekali dengan omzet Rp1 miliar per bulan,” jelas Fanda.

HIAS House Kelapa Gading merupakan flagship store yang memiliki luas lebih dari 800 m2. Saat ini HIAS House telah memiliki enam toko yang tersebar di Pondok Indah Mal, Supermal Karawaci, Botani Square Bogor, dan Jalan Transyogi di Jabodetabek, serta di Bali. Tahun ini akan dibuka tiga toko lagi di megapolitan Jabodetabek, tahun depan empat toko.