HousingEstate, Jakarta - Kalangan dunia usaha khususnya sektor properti berharap pemilihan umum (Pemilu) 17 April 2019 membawa perbaikan pada sektor ini. Hingga sekarang sektor ini masih tertekan cukup berat karena pasar menunggu berlangsungnya even politik ini. Hanya segmen menengah ke bawah yang pasarnya bagus. Segmen menengah ke atas kondisinya cukup berat. Kendati demikian ada sejumlah perumahan menengah atas yang penjualannya normal. Bahkan menjelang Pemilu penjualannya makin meroket. Salah satunya Jakarta Garden City (370 ha), Cakung, Jakarta Timur.

Selama dua pekan pertama April 2019 Jakarta Garden City (JGC) meraih penjualan sebesar Rp110 miliar. “Ini kejutan menjelang Pemilu dan rekor penjualan Jakarta Garden City. Sebanyak 40 rumah di klaster Savoy tahap 2 sold out, selebihnya di klaster lain,” ujar Hyronimus Yohanes, GM Marketing & Sales PT Mitra Sindo Sukses, pengembang JGC, kepada housingestate.id di Jakarta, Minggu (14/4). Rumah yang dipasarkan di klaster Savoy tahap 2 tipe 56/63 seharga Rp1,5 miliar.

Sebulan sebelumnya JGC juga sukses memasarkan klaster Mahakam tahap 2 yang dikembangkan di kawasan River Garden. Dari 108 rumah yang diluncurkan akhir Februari 2019 itu JGC membukukan penjualan Rp170 miliar. Semuanya hunian dua lantai bergaya modern tropis.  Besarnya animo konsumen terhadap JGC karena didorong oleh fasilitas yang terus bertambah. Selain AEON Mall kini tengah dibangun IKEA, toko perabotan rumah tangga asal Swedia, yang akan beroperasi tahun depan.

IKEA JGC ini merupakan toko IKEA pertama di Jakarta dan kedua di Indonesia. Toko pertama berada di Alam Sutera, Serpong, yang beroperasi beberapa tahun lalu. Selain itu lokasi JGC dekat jalan tol Cakung-Cilincing yang terkoneksi dengan jalan tol dalam kota dan jalan tol JORR Cakung-Cikunir-Ulujami. Karena itu JGC mudah diakses dari berbagai kawasan di Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek).

Dengan habisnya klaster Savoy JGC kini fokus memasarkan klaster Mahakam tahap 2 yang tinggal 20-25%. Ada empat  tipe yang ditawarkan, 69/90 (L 6), 86/105 (L7), 110/120 (L8) dan 135/170 (L10). Harganya mulai Rp2,1 miliar tunai.