HousingEstate, Jakarta - Suryanti Agustinar, Senior Vice President Non Subsidized Mortgage & Consumer Loan Lending Division Bank BTN, mengatakan bahwa dalam rangka merayakan Hari Kartini tanggal 21 April 2019 Bank BTN menawarkan program khusus kepada calon debitur wanita yang melakukan akad kredit selama bulan April 2019 akan mendapatkan bonus berupa pembebasan biaya provisi dan administrasi.

Apa sih biaya provisi itu? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata provisi diartikan biaya atau imbalan. Jadi biaya provisi kurang lebih bisa diartikan biaya yang dibebankan oleh pihak bank kepada debitur sebagai imbalan atas jasanya yang telah menyetujui pinjaman yang diajukan.

Biaya provisi besarnya satu persen dari nilai kredit yang disetujui. Jadi jika Anda beli rumah Rp300 juta, uang muka 10 persen atau Rp30 juta, maka nilai KPR yang Anda ajukan adalah Rp270 juta. Jika pinjaman sebesar itu disetujui, Anda akan dikenakan biaya provisi satu persen, atau sebesar Rp2,7 juta. Pada bulan April ini biaya sebesar itu dibebaskan oleh BTN. Belum ditambah free biaya administrasi, hanya nilainya tidak besar, kurang lebih untuk nilai kredit sebesar itu biayanya sekitar Rp300 ribuan. Total biaya yang tidak perlu dibayarkan diperkirakan bisa Rp3 juta. Lumayan, dananya bisa dialihkan untuk membeli TV atau kulkas untuk mengisi rumah nanti. Maka itu Yanti mengajak debitur perempuan beramai-ramai akad di bulan April ini.