HousingEstate, Jakarta - Kamar mandi kini makin jadi tempat yang spesial bagi warga urban. Karena itu produk saniter pendukungnya perlu didesain lebih cermat agar bukan hanya fungsional tapi juga estetis dan bergaya. Pemilihan dan instalasi perangkat menjadi bagian terpenting selain pemilihan warna dan tata cahaya keseluruhan tata interior kamar mandi.

Produsen peralatan kamar mandi Toto secara eksklusif menggandeng seniman Jaime Hayon asal Madrid, Spanyol, menciptakan koleksi produk terbaru Toto by Hayon. Produk terdiri dari saniter seperti kloset, wastafel, termasuk fitting-nya (kran dan shower). Proyek kolaborasi perdana bagi Hayon untuk merancang peralatan kamar mandi ini dijawab dengan desain yang mengedepankan kesederhanaan dan kemurnian bentuk.

Hayon yang pernah dinobatkan sebagai salah satu dari 100 desainer paling relevan oleh majalah Times, terkenal dengan gaya desainnya yang riang dan gembira dengan memadukan rasa hormat terhadap keterampilan kerajinan (artisan skills).

“Proyek ini merupakan proses dalam menemukan kesederhanaan dari segi desain dan kecanggihan dari segi fungsi. Artinya, perlu ada keselarasan antara sisi visual dan dekoratif dengan sisi fungsi yang efisien,” kata Jamie Hayon dalam konferensi pers peluncuran Toto by Hayon di Toto Office Building, Jakarta, akhir April (30/4/2019).

Produk wastafel dan fitting kran berwarna putih koleksi Toto by Hayon (foto: HousingEstate/Diyah)

Hayon fokus pada konsep yang mencerminkan lekuk tubuh manusia dengan bentuk-bentuk lengkung. Konsep penting lainnya dari koleksi ini adalah ide “penuh” dan “kosong”. Ide penuh diterjemahkan ke dalam bentuk yang utuh pada perabot kloset dan wastafel, serta bathtub. Sementara ide kosong berasal dari kerangka tubuh yang dituangkan ke dalam perangkat kran dan pipa agar fokus pada elemennya sebagai fungsi.

Bathtub Toto by Hayon (foto: HousingEstate/Diyah)

“Kolaborasi adalah sesuatu yang ia jalani dengan penuh semangat, Hayon menciptakan sebuah dialog visual baru yang memadukan keahlian dan tradisi. Ia menciptakan sebuah mahakarya untuk Toto,” tutur Tony Suryanto, Marketing Planning Department Manager Toto. Koleksi produk Toto by Hayon ini akan segera diproduksi dan dipasarkan di Indonesia Juli mendatang dengan target pasar kaum atas.