HousingEstate, Jakarta - PT Alumunium Extrusion Indonesia (Alexindo) dan PT Alumunium Company Extrusion Indonesia (Alcomexindo) merupakan pabrikan lokal yang memproduksi profil alumunium ekstrusi untuk berbagai kebutuhan seperti pintu, kusen, jendela, partisi, dan sebagainya dengan bahan alumunium.

Alexindo beroperasi sejak tahun 1972, Alcomexindo sejak tahun 2006 yang dihadirkan sebagai second brand untuk menyasar segmen pasar yang lebih luas.

Hingga saat ini Alexindo secara grup telah memiliki 21 mesin dengan kapasitas 2.200-3.500 metrik ton dari dari dua pabriknya di Bekasi dan Dawuan, Cikampek, Jawa barat, dengan kapasitas produksi 15 ribu ton per tahun atau 1.250 ton setiap bulan.

Profil alumunium sendiri penggunaannya bisa sangat luas dan sudah bisa menggantikan produk kayu yang kian langka dan mahal. Seiring perkembangannya produk Alcomexindo kini hadir untuk produk furnitur.

“Kami memiliki lini produksi furnitur di pabrik. Jadi berbagai furnitur seperti meja, kursi, lemari, dan sebagainya dibuat dengan rangka alumunium, kemudian dirajut dengan rotan sintetis. Hasilnya jadi berbagai furnitur sesuai kebutuhan yang bisa digunakan untuk indoor (ruang dalam) dan outdoor (luar),” kata Jady Sugiarta, Marketing Manager Alcomexindo, kepada housingestate.id saat memperlihatkan fasilitas pabrik di Bekasi beberapa waktu lalu.

Setelah jadi produk furnitur, bagian rangka alumuniumnya sama sekali tidak terlihat karena terbungkus anyaman rotan sintetis yang sangat rapat. Jady menjamin dengan menggunakan rangka alumuniumnya, produk furnitur yang dihasilkan sangat kuat dan mampu menopang beban di atasnya baik manusia maupun barang.

“Sementara ini produk furnitur Alcomexindo sebagian besar dipasarkan untuk ekspor dan digunakan sendiri di beberapa hotel yang dimiliki grup, seperti di Grand Mercure Kemayoran, Harmoni, Lampung, dan lain-laina. Sementara produk furnitur ini bisa dibeli secara online, harganya mulai ratusan ribu hingga jutaan,” tuturnya.