HousingEstate, Jakarta - Bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, penerapan pola makan yang sehat dan sesuai kebutuhan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan untuk meraih manfaat kesehatan selama berpuasa. Sayangnya masyarakat kerap abai dan cenderung kurang memperhatikan asupan ketika berpuasa.

“Perlu diperhatikan, konsumsi makanan saat sahur dan berbuka memiliki fungsi masing-masing. Makan saat sahur akan berpengaruh pada pasokan energi dalam tubuh untuk aktivitas pagi hingga sore hari. Sedangkan saat berbuka, tubuh membutuhkan asupan yang dapat mengembalikan energi untuk disimpan hingga malam hari yang durasinya lebih singkat dibandingkan siang hari,” kata Mia Maria, Certified Cullinary Nutrition Expert.

Sebuah survei menyatakan, sebanyak 89 persen masyarakat Indonesia baru merencanakan menu berbuka puasa pada hari itu juga. Kendala yang kerap dihadapi umumnya sulit mengatur pembelian bahan makanan dan cara penyimpanan untuk mempersiapkan menu yang seimbang, bergizi dan variatif.

Memahami kondisi itu, produsen alat rumah tangga Beko menghadirkan solusi rumah tangga praktis melalui produk lemari es andalannya, yang bukan hanya mampu menjaga kesegaran bahan makanan lebih lama, tapi juga punya fleksibilitas lebih dalam penyimpanan.

“Berbicara tentang kesehatan, pemilihan asupan, dan menjaga kualitas bahan makanan menjadi sebuah keharusan,” kata Ali Cagri Gonculer, Country General Manager Beko Indonesia, melalui press release kepada HousingEstate, Selasa (7/5/2019).

Teknologi mutakhir yang disematkan dalam rangkaian produk kulkas Beko di antaranya, sistem pendingin ProSmart Inventer Compressor yang berkerja senyap, teknologi ActiveFresh BlueLight dan Everfresh+. Beko juga memberikan tiga tips untuk penyimpanan bahan makanan selama Ramadan.

Pertama, belanja di akhir pekan. Manfaatkan momen akhir pekan untuk berbelanja bahan makanan segar, dan persiapkan rancangan menu untuk sahur dan berbuka selama sebulan ke depan. Selain lebih menghemat waktu, aktivitas ini juga dapat menghemat biaya perjalanan berbelanja yang sebelumnya dilakukan beberapa hari sekali. Kabinet MultiZone pada lemari es Beko menghadirkan fleksibilitas dengan kemampuan beralih fungsi dari area pembeku menjadi area pendingin.

Kedua, cuci, potong dan simpan. Cuci sayur dan buah, potong-potong daging dan ayam, lalu masukkan ke dalam wadah tertutup untuk disimpan ke dalam lemari es. Teknologi ActiveFresh BlueLight mampu menjaga kesegaran dan kandungan vitamin dalam buah dan sayur dapat tetap terjaga dengan baik berkat proses fotosintesis dalam lemari es.

Bahkan, kompartemen dengan teknologi Everfresh+ mampu menjaga kelembapan dan suhu tetap stabil, sehingga kesegaran sayur dan buah dapat bertahan hingga 30 hari.

Ketiga, simpan sesuai jenisnya. Pastikan Anda menyimpan makanan sesuai jenisnya agar baunya tidak mudah tercampur. Misal, tempatkan ayam dan daging di area pembeku, sayur dan buah di area pendingin. Teknologi NeoFrost berupa sistem pendingin ganda pada lemari es Beko, bertugas menjaga kesegaran lebih lama dan menghindari bau tercampur antara ruang pendingin dan pembeku.

Kebersihan area penyimpanan makanan juga penting diperhatikan. Fitur Ionguard dapat membantu membunuh kuman dan bakteri kecil yang tidak terlihat agar lemari es tetap bersih dan higienis.