HousingEstate, Jakarta - Rumah murah seharga Rp200–400 juta per unit terbilang paling banyak dicari orang di situs jual beli properti secara online (daring) OLX. Hal itu terungkap dari presentasi OLX mengenai perilaku pembeli saat mencari hunian secara online yang diterima housingestate.id di Jakarta, Senin (13/5/2019). Presentasi itu sudah disampaikan Ignasius Ryan Hasim, Head of Real Estate Category OLX Indonesia, kepada pers pada hari yang sama pagi harinya di kantor pusat OLX Indonesia di bilangan Blok M.

Menurut presentasi OLX, pengguna OLX paling banyak melihat iklan rumah murah seharga Rp200–400 juta, disusul rumah Rp400-600 juta, Rp100-200 juta, Rp600-800 juta, dan Rp800–900 juta. Penawaran rumah murah itu pun cukup banyak di situs OLX. Sepanjang April 2019 misalnya, ada 404.000 iklan properti terbaru. Sebanyak 232.000 merupakan iklan rumah dengan 215.000 di antaranya merupakan iklan rumah dijual. Dari jumlah itu, 32.000 adalah iklan rumah murah.

“Rumah dengan keyword ‘Rumah Murah di Jabodetabek’ dijual paling banyak dengan harga Rp200-400 juta,” tulis presentasi itu. Sedangkan secara umum, keyword yang kerap digunakan juga mengacu kepada rumah murah dan yang senada dengan itu, baik rumah real estate maupun bukan, seken atau baru.

Lokasi yang kerap disebut antara lain Cibinong, Serpong, Lenteng Agung, Joglo, dan Kelapa Gading di megapolitan Jabodetabek, Surabaya Timur dan Batu di Jawa Timur, serta Cirebon di Jawa Barat. Untuk proyek perumahan dan apartemen yang suka diklik antara lain Metland Cileungsi, Green Lake City, Puri Surya Jaya, Serpong City Paradise, dan Suvarna Sutera.

Sementara untuk filter kota, yang kerap dipilih adalah Bandung (16.000 suplai penawaran properti, paling banyak dicari rumah seharga Rp400-600 juta, tipe 52,62-82,18 m2), Depok (13.300 suplai, paling banyak dicari harga Rp200-400 juta, tipe 59,92-91,82 m2), Bekasi (11.000 suplai, paling banyak dicari harga Rp200-400 juta, tipe 68,24 m2), Surabaya (120.400 suplai, paling banyak dicari harga Rp2-3 miliar, tipe 174,82–187,96 m2).

Sedangkan untuk kategori properti baru yang lini bisnisnya diluncurkan OLX empat bulan lalu, saat ini disebut sudah mencatat 7.400 pengunjung harian atau 253.000 pengunjung bulanan, dengan pencarian rumah di Jakarta tercatat paling banyak (40 persen), disusul Surabaya (18 persen), Medan (7 persen), dan Bandung (5 persen).

Total sepanjang April masuk ke OLX 335.000 iklan penawaran properti dari 92.000 penjual (80 persen perorangan, 20 persen agen properti). Sementara jumlah pembeli potensial mencapai 610.000 setiap bulan dengan rata-rata properti terjual mencapai 72.000 setiap bulan.

Rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke salah satu kota di Kalimantan, juga meningkatkan dengan pesat pencarian properti di salah satu kota yang menjadi calon ibu kota negara yang baru itu. “Pencarian properti di OLX untuk (kota) Palangkaraya naik lima kali lipat sejak Presiden Jokowi mengumumkan wacana pemindahan ibu kota (negara),” tulis presentasi OLX tersebut.