HousingEstate, Jakarta - Apartemen The Lana di kawasan Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, hasil pengembangan PT Brewin Mesa Sutera (kongsi Singapura Brewin Mesa Pte Ltd dan Shenning Emerging Asia Real Estat Fund Pte Ltd), menawarkan unit hunian yang lebih kecil tipe studio.

The Lana yang dipasarkan sejak awal 2017 dikembangkan di atas lahan seluas 8.000 m2 yang terdiri dari dua tower apartemen 38 lantai mencakup total 564 unit hunian. Awalnya proyek ini menwarkan tipe 1-3 kamar tidur (KT) seluas 58-160 m2, namun saat ini juga tipe studio 28-35 m2 dan 1 KT mulai dari 55 m2.

“Situasinya market shifting, pasar berubah. Makanya kami luncurkan unit-unit yang lebih kecil di tower kedua. Jadi, kalau tower pertama unitnya lebih besar, di tower kedua lebih kecil seiring perubahan permintaan pasar itu. Tapi bukan berarti kami menurunkan segmen, karena spesifikasi material dan lainnya tetap high end. Ini semata-mata perubahan pasar. Kalau dulu prefer yang besar, sekarang shifting ke yang kecil,” kata Bill Cheng, Presiden Direktur Brewin Mesa Sutera, saat memperkenalkan show unit tipe studio-1 KT The Lana itu di lokasi proyek, Kamis (16/5/2019).

Dibanding di apartemen lain, tipe studio yang ditawarkan di The Lana lebih besar. Desain interior unitnya dibuat lebih fresh dan futuristik namun tetap elegan dibandingkan unit besar yang menggunakan warna-warna netral. Unit kecil juga untuk menyasar konsumen dari kalangan muda yang populasinya kian bertumbuh.

Anton Sitorus, Kepala Departemen Riset Savills Indonesia, sebuah perusahaan konsultasi dan manajemen properti di Jakarta, menyebut apa yang dilakukan The Lana memang sudah tepat dan sesuai dengan kebutuhan pasarnya. “Alam Sutera merupakan salah satu kawasan yang masih terus berkembang. Dengan banyaknya kampus universitas, memang dibutuhkan unit-unit apartemen yang kompak karena paling sesuai dengan lifestyle kalangan (kampus) itu,” katanya.

Saat ini penjualan The Lana diklaim sudah lebih dari 200 unit dan dijanjikan mulai diserah-terimakan pertengahan tahun 2020. Apartemen The Lana dipasarkan seharga Rp1–5 miliar per unit.