HousingEstate, Jakarta - Bersamaan dengan acara Fintech Days & Fintech Exhibition Palembang yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), 2-3 Mei 2019, perusahaan financial technology (fintech) Gradana yang sudah terdaftar resmi di OJK melebarkan sayap dengan membuka jasa pembiayaan properti melalui platform digital (peer-to-peer lending) untuk jual-beli-sewa properti di Palembang.

Mengutip siaran pers Gradana kepada housingestate.id di Jakarta akhir pekan lalu,
Gradana menggaet Keller Williams All Property, kantor agen properti lokal terbesar di Palembang, sebagai perwakilan Gradana di area Palembang. Fintech Gradana bisa dipakai membiayai pembelian properti, sewa-menyewa, dan renovasi.

Pengajuan pembiayaan oleh peminjam (borrower) dan penyediaan dana pinjaman oleh investor (lender) dilakukan secara online melalui platform Gradana kapan saja dari mana saja. Dalam tujuh hari maksimal, peminjam sudah mendapatkan jawaban dari Gradana. Salah satu produknya GraStrata yang bisa dipakai untuk membeli rumah baru atau seken dengan uang muka dicicil hingga 24 bulan.

Ada juga GraDP yang memungkinkan kita membeli rumah dengan meminjam dana uang muka dari Gradana dengan masa cicilan sampai 36 bulan. Kemudian GraKarya berupa pembiayaan jangka pendek dalam bentuk anjak piutang untuk para vendor yang bergerak dalam jasa properti seperti interior designer dan arsitek. Lalu GraSewa dan GraRenov yang menyediakan kredit atau dana talangan untuk sewa atau renovasi properti dengan pembayaran dicicil bulanan. Jadi, peminjam tak perlu menyiapkan dana besar di awal.

“Kami ingin terus meluaskan jangkauan layanan sehingga nanti bisa mencakup seluruh Indonesia. Memiliki hunian yang layak merupakan hak semua orang, dan Gradana berkomitmen membantu mewujudkan itu untuk masyarakat Indonesia” kata Chief Executive Officer (CEO) Gradana Angela Oetama. Fintech seperti Gradana bisa dimanfaatkan kaum muda yang sulit mengakses layanan bank untuk mendapatkan rumah secara kredit dengan cara lebih mudah.