HousingEstate, Jakarta - Penikmat sejati tak cukup mendengarkan dentuman musik dan vokal dari pengeras suara standar. “Mereka ingin mendengarkan musik sedekat mungkin dengan suara asli atau natural sound beresolusi tinggi,” kata Rudi Hidayat, CEO V2 Indonesia, distributor tunggal perangkat audio KEF dari Inggris. Selain untuk menikmati musik, pelantang itu juga pelengkap audio saat melihat tayangan film favorit di rumah atau home theater. “Suara ombak yang bergerak di tayangan film bisa terdengar natural seolah berpindah dari speaker kiri ke speaker kanan,” jelasnya.

Kemajuan teknologi nirkabel juga merambah produk audio, karena kini dapat saling tersambung tanpa kabel sehingga lebih fleksibel ditaruh di ruang atau dibawa ke mana saja. “Dalam mengoneksikan banyak speaker itu, tak perlu lagi menggunakan kabel rumit yang panjang. Buat milenial kabel menjuntai itu nggak keren banget,” ujar Eddy Ariawan, Consumer Electronics Group Head Polytron.

Fitur lain yang disematkan dalam speaker era digital ini adalah konektivitas dengan berbagai aplikasi di gawai. Saat ingin mendengarkan pilihan lagu di smartphone dan menyambungkannya ke speaker, kita bisa dengan mudah melakukannya melalui jaringan Bluetooth atau WiFi. Beberapa aplikasi mobile musik bahkan memiliki fitur yang terkoneksi otomatis dengan merek speaker tertentu.  Berikut contoh speaker terbaru dengan teknologi nirkabel dan terkoneksi aplikasi itu.

 

Polytron Multiroom Speaker

Produk Polytron ini memungkinkan kita menikmati musik dari beberapa speaker berteknologi wireless yang tersebar di banyak ruang. Pengguna bisa menyambungkan speaker dengan sumber musik melalui jaringan WiFi atau Bluetooth. Fitur multiroom di perangkat bisa dikontrol melalui smartphone atau menggunakan aplikasi Undok yang bisa diunduh di Playstore atau Apple Store. “Speaker ini juga memungkinkan kita memutar musik yang berbeda di ruangan berbeda atau satu musik untuk semua speaker,” kata Eddy.

Kualitas suaranya diklaim sangat baik dengan dentuman bass yang kuat, karena dilengkapi fitur Muze yang sudah terkenal untuk kualitas suara speaker Polytron. PMS yang memiliki tipe PMS R1 dan PMS R2 juga disemati berbagai fitur pendukung lain seperti NFC easy pairing, internet radio, dam AUX input. Pengguna yang memiliki akun aplikasi Spotify Premium bahkan bisa menikmati jutaan lagu yang disambungkan langsung ke speaker tanpa terganggu lagi dengan notifikasi yang masuk ke smartphone. Produk dipasarkan seharga mulai dari Rp2 jutaan/unit atau terhitung terjangkau untuk tipe speaker multiroom.

 

KEF LSX

Pelantang didesain ringkas dan portabel, tanpa kabel, serta terkoneksi aplikasi.

Pelantang yang baru masuk ke Indonesia Juli 2018 ini menghadirkan speaker nirkabel seri LSX, yang terdiri dari dua speaker ringkas berdesain warna-warni karya Michael Young. Speaker mungil ini sudah mengintegrasikan seluruh kebutuhan akustik akurat melalui teknologi Uni-Q. Desainnya yang ramping membuatnya lebih fleksibel ditaruh melengkapi tatanan interior. Speaker dapat terkoneksi langsung dengan jaringan Bluetooth 4.2 dan WiFi untuk memperdengarkan musik full stereo beresolusi tinggi.

LSX sepenuhnya memakai teknologi nirkabel baik dari hubungan antar perangkat maupun koneksi sumber antar-speaker. Jarak maksimum speaker dapat terhubung sejauh 10 m. Sebagai sumber daya, speaker tetap perlu terhubung ke stop kontak dengan konsumsi listrik 100 W. LSX terintegrasi dengan aplikasi musik Spotify, Apple Music, dan TIDAL. Selain itu mampu mengakses musik yang disimpan di hard drive atau PC yang telah terhubung ke jaringan speaker melalui DLNA. Mulai Januari 2019, juga ada fitur Apple AirPlay 2 yang memungkinkan pengguna menikmati musik yang lebih berkualitas dengan teknologi multi-room streaming dari iPhone, iPad, atau Mac.

LSX juga dilengkapi fitur UniQ Driver Array, sebuah inovasi khas yang dapat meningkatkan stereo imaging di area pendengaran yang jauh lebih luas. Perangkat audio yang dijual Rp19,5 juta sepasang ini hadir dalam warna hitam, biru, maroon, dan olive yang dibalut dengan kain mewah dari Kvadrat, produsen tekstil ternama asal Denmark, serta desain bahan dasar gloss white. LSX dapat dipasang hanya dalam hitungan menit menggunakan control app milik KEF yang juga mengatur pembaharuan fitur melalui over-the-air downloads yang sederhana.