HousingEstate, Jakarta - Di dunia yang bergerak serba cepat seperti sekarang, tidak terasa kita ikut terus berubah dan berevolusi hingga terkadang sulit menentukan apa yang kita sukai dan menemukan identitas kita. Namun, berbeda dengan rumah. Kita dapat mengandalkannya sebagai pengingat semua hal yang bisa membahagiakan kita. Di situ kisah hidup tentang siapa jati diri setiap orang diceritakan dalam aneka obyek dan warna pilihan di dalamnya.

Pilihan warna yang dapat mencerminkan serta meningkatkan jati diri.

Jotun, produsen cat asal Norwegia, mengeksplorasi warna-warna yang menjadi ciri dan mencerminkan gaya hidup perkotaan modern di seluruh dunia dalam Kartu Warna Tren 2019 yang berjudul Identity. Pilihan warna yang diprediksi menjadi tren tahun ini disusun lebih dari setahun oleh para spesialis warna Jotun di Sandefjord, Norwegia, yang memadukan wawasan jaringan global para periset tren warna.

Manajer Warna Global Jotun Lisbeth Larsen, bersama tim konsultan warna dari seluruh Asia Tenggara, Timur Tengah, Turki, dan Skandinavia, telah menerjemahkan wawasan mereka ke dalam palet 28 warna yang akan ditambahkan ke koleksi cat Jotun. Jotun meluncurkan Kartu Warna Tren ini pertama kali di Stockholm pada Agustus 2018, sedangkan di Indonesia dilakukan akhir tahun lalu dengan menghadirkan Lisbeth sebagai pembicara.

“Kartu ini merupakan ringkasan riset tren internasional tahun berjalan yang mendalam dan merupakan panduan praktis untuk menjadikan rumah yang benar-benar nyata dan otentik  sebagai hunian milik kita sendiri,” kata Lisbeth. Menurutnya, era penggunaan warna dan desain untuk mencerminkan aspirasi atau pamer kepada para tamu di rumah sudah berakhir. Kini tren warna dibangun berdasarkan kejujuran, integritas, dan kebenaran diri kita sendiri. Untuk menggambarkan kombinasi warna yang dapat menunjukkan identitas yang berbeda itu, Jotun membagi tren warnanya ke dalam tiga tema: calm, refined, dan raw.

 

Calm

Ini warna-warna yang lembut, netral ringan dan hangat, serta menunjukkan kontras yang halus. Identitas yang tenang menghargai makna kuantitas obyek yang ada di sekitarnya, sambil menikmati kesahajaan ruang untuk berkontemplasi. Tidak ada yang berlebihan, tidak  ada  ruang yang kusut. Semuanya memiliki tempat dan alasan untuk berada di dalamnya. Contoh palet warnanya: soft grey, modern beige, peachy, dan rustic pink.

 

Refined

Warna-warna  hijau  dan  kuning  yang  menyentuh  rasa,  menghadirkan  berbagai tekstur yang mendalam. Identitas kurator zaman modern yang cerdas, dihomati, dan terpikat dalam posisi kontras yang menggairahkan. Rumah mereka dihiasi dengan koleksi seni dan  artefak  yang  tampak  eklektik,  potongan-potongan  vintage  dan desain  kontemporer,  semua  diposisikan  dengan  hati-hati  untuk  menghadirkan makna baru dalam hubungan mereka satu sama lain. Rumah adalah galeri pribadi, dialog antara warna dan benda-benda koleksi. Contoh palet warnanya: airy green, refined yellow, antique green.

 

Raw

Warna-warna bersahaja yang mengingatkan kita pada kesan natural, material organic, dan suasana pedesaan. Identitas baku yang berakar di bumi. Mereka menemukan keindahan dalam kerajinan dan utilitas, tercermin dalam rumah-rumah pedesaan dan ruang-ruang yang penuh dengan tekstur alami, kayu, dan batu serta warna tanah dan pasir. Contoh palet warnanya: amber red, organic red.