HousingEstate, Jakarta - Setiap kamar anak sesungguhnya membutuhkan satu tema yang spesifik untuk mendekorasinya. Jangan membayangkan masa kecil Anda dulu, kini kita harus bisa menghadirkan sesuatu yang lebih imajinatif dan penuh suasana bermain (playful) di kamar anak. Pertimbangkan untuk mengkreasikan ruang yang dinamis dan tetap nyaman ditinggali.

Pencarian tema kamar bagi anak laki-laki jauh lebih mudah. Secara natural ketika anak beranjak masuk sekolah, mereka mulai menggemari olah raga, mobil atau motor balap hingga memelihara binatang. Ambil salah satu tema hobi atau kesukaannya itu untuk mendekor kamarnya.

Usahakan melibatkan anak anda dalam proses mendesain. Diskusikan bersama tema yang realistis dan pilihan warna cat. Anak umur tiga dan empat tahun juga sudah bisa diajak memilih warna dasar. Menumbuhkan rasa kepemilikan sejak awal akan mendorong anak turut serta merawat kamar tidurnya dengan baik.

 

Balap Mobil

Kebanyakan anak laki-laki menyukai lomba balap mobil atau motor. Anak laki-laki yang menginjak remaja dapat menggunakan tema ini untuk kamarnya. Langkah paling mudah adalah memasang poster mobil atau motor kesukaannya. Susun di dalam bingkai atau didesain khusus menjadi bagian dari dekorasi dinding seperti kamar ini.

Warna cat dinding kamar harus saling melengkapi dengan tampilan poster. Di kamar ini pilihan warna dinding hitam di atas headboard dan berfungsi juga menyatu dengan rak pajang. Anda bisa menambahkan pola papan catur hitam dan putih atau bendera-bendera untuk menambah aksen warna.

 

Olah Raga

Olah raga termasuk tema yang paling abadi untuk kamar anak laki-laki. Setiap generasi cenderung menggemari olah raga dan pilihannya bervariasi. Mulai dari yang tradisional seperti basket, sepak bola, baseball sampai yang agak radikal misalnya skateboard, mendaki gunung, ski, dan sejenisnya.

Jika anak Anda menyukai basket, cari tahu tim favoritnya. Cat dinding kamar dengan warna tim andalannya. Tambahkan poster atau kaos salah satu pemain kesukaannya sebagai dekorasi di dinding. Elemen lainnya yang bisa disesuaikan dengan tema kamar, misalnya sprei pada ranjang, karpet, kap lampu, atau barang-barang kecil seperti kartu-kartu pemain atau bola yang ditanda tangani. Jika memungkinkan, bisa dipasang ring basket sebagai aksen yang juga bisa difungsikan.

 

Alam

Tema alam bebas umumnya diminati anak laki-laki. Anda bisa mencoba menghadirkan nuansa laut di dalam kamarnya. Bentuk-bentuk perahu atau kapal laut bisa sangat menarik perhatiannya. Seperti terlihat pada aplikasi pelapis dinding di kamar ini yang bergambar barisan perahu layar dengan latar warna biru muda. Aksen wallcover tampak mampu menghidupkan nuansa kamar yang dikemas dengan dominasi warna putih. Aksen warna biru lainnya diterapkan bangku meja belajar.