HousingEstate, Jakarta - Sinar Mas Land (SML), pengembang kota baru BSD City (6.000 ha) di Serpong, Tangerang, Banten, melakukan revitalisasi stasiun Cisauk dan membuatnya menjadi salah satu fasilitas pertemuan antar-moda transportasi untuk kawasannya. Stasiun yang dibuat modern ini dilengkapi fasilitas komersial seperti pasar modern, ruko, dan berbagai sarana pendukung lainnya.

Menurut Panji Himawan, Head of Corporate Communication SML, saat ini yang tinggal di BSD City dan bekerja di Jakarta, atau tinggal di wilayah lain dan bekerja di kawasan BSD City, aksesibilitasnya sudah terintegrasi dengan Jakarta dan wilayah sekitarnya, melalui jalur darat atau kereta komuter. Bahkan, beberapa wilayah di Jakarta yang lebih sulit aksesibilitasnya menuju kawasan bisnis Jakarta, misalnya dari Ciganjur ke Jalan Thamrin, lebih mudah mengaksesnya dari BSD City.

“Makanya kami mengajak media melakukan press tour ke stasiun Cisauk, dilanjutkan berkeliling wilayah BSD City menggunakan (transportasi umum kawasan) BSD Link. Kami ingin menunjukan kalau tinggal atau bekerja di BSD City itu enak banget. Bisa dirasakan kira-kira kalau kita melakukan rutinitas di sini seperti apa dan itu ingin kita familiarkan,” katanya kepada housingestate.id saat acara SML Press Tour, Rabu (19/6/2019).

 

Untuk membuat wilayah BSD City menjadi kota yang lengkap, ada banyak ekosistem yang dikembangkan dan terus bertransformasi seiring kebutuhan dan perkembangan kawasan. Saat ini BSD City tengah bertransformasi menjadi smart digital city yang pertama di Indonesia yang membutuhkan investasi besar serta pengembangan yang berkelanjutan.

Dua perusahaan raksasa teknologi Apple dan Huawei telah berkantor di BSD City ditambah banyak perusahaaan digital lainnya. Untuk mengajak raksasa teknologi seperti Apple dan Huawei itu bukan pekerjaan mudah, karena melalui proses yang sangat panjang, antara lain dengan menciptakan ekosistem digital di kawasan BSD City.

“Kami ingin memberikan mindset baru terhadap pasar, kalau pengen jago bikin animasi atau pengen seperti Bill Gates, itu harus ke BSD City. Makanya banyak hal yang kita lakukan di sini. Selain pengembangan fasilitas infrastruktur jalan, transportasi umum yang makin mudah, juga infrastruktur digital untuk mewujudkan konsep kota smart digital pertama di Indonesia itu,” jelas Panji.