HousingEstate, Jakarta - Merayakan hari ulang tahunnya yang ke-63 Selasa (16/7/2019), Bank Danamon menawarkan kredit pemilikan rumah/apartemen (KPR/KPA) dengan bunga promo 6,3 persen per tahun fixed (tetap) tiga tahun pertama.

“Itu bunga (promo) terendah yang diberikan bank penyalur KPR di Indonesia saat ini,” kata Baraningrum, Secured Business Head Bank Danamon, dalam acara “Perencanaan Keuangan untuk Hunian Impian” yang diadakan Bank Danamon di Jakarta, Selasa (16/7/2019), yang menghadirkan pembicara financial planner & educator dari Zap Finance Prita Ghozie.

Selain dengan KPR/KPA konvensional, calon debitur juga bisa membeli properti menggunakan KPR syariah Bank Danamon. Akadnya ada MMQ (musyarakah mutanaqisah) atau sharing modal dan IMBT (ijarah muntahiyah bittamlik) atau sewa-beli. Ada juga KPR yang di-bundling dengan tabungan di Bank Danamon, yang memungkinkan bunga kreditnya nol sehingga debitur cukup membayar cicilan pokok utang.

Kredit properti Danamon bisa digunakan untuk membeli properti (rumah, apartemen dan lain-lain) baru yang dikembangkan developer yang bekerja sama dengan Bank Danamon dengan nilai kredit mulai dari Rp100 juta per unit selain rumah seken.

“Kita sudah bekerja sama dengan banyak grup usaha developer yang mengembangkan ratusan proyek di seluruh Indonesia, selain dengan broker untuk pembelian rumah seken,” jelasnya. Persyaratan uang mukanya ringan, minimal 5 persen, dengan masa atau tenor kredit cukup panjang hingga 20 tahun.

Penawaran bunga promo 6,3 persen itu berlaku sampai akhir Agustus. Setelah maa bunga promo berakhir, bunga KPR berubah menjadi bunga pasar efektif floating (mengambang) yang di Bank Danamon saat ini tercatat sekitar 12 persen per tahun.

Di luar KPR/KPA untuk pembelian properti baru dan seken, Bank Danamon juga menawarkan kredit renovasi, KPR take over (balance transfer), dan kredit multiguna (beragun properti). Untuk KPR properti baru yang tidak terkait dengan hari ulang tahun, bunga promonya 6,49 persen per tahun fixed 3 tahun atau 8,25 persen per tahun fixed 5 tahun. Sedangkan bunga promo balance transfer 7,49 persen per tahun dan kredit multiguna 8,75 persen per tahun masing-masing fixed 3 tahun.