HousingEstate, Jakarta - Umumnya kita menggunakan cat dengan jenis dan warna yang sama untuk area luar dan setiap ruang di dalam rumah supaya terlihat satu tone, mulai dari teras hingga ke semua ruang di dalam rumah. Padahal ada jenis-jenis cat yang memiliki fitur khusus untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik ruang.

Menurut Linda Kam, Marketing Manager Nippon Paint Indonesia, produsen berbagai merek cat salah satunya Nippon Paint Spot-less Plus, cat interior anti noda dan anti kuman, diperlukan jenis cat yang berbeda untuk fungsi ruang yang berbeda. Misalnya, cat untuk ruang luar yang mengutamakan ketahanan terhadap terpaan cuaca hingga cat interior dengan fungsi anti noda dan anti kuman.

“Kami mengembangkan cat anti noda sejak sepuluuh tahun lalu dan merupakan pionir untuk cat jenis ini. Hingga akhir tahun lalu kami menambah fitur cat anti noda dengan anti bakteri untuk kebutuhan ruang-ruang yang berbeda. Jadi kalau untuk ruang tamu atau ruang keluarga yang penting tampilan warnanya, untuk dapur butuh cat anti noda yang membuat dinding jadi mudah dibersihkan, untuk kamar anak cat yang juga ada fitur anti bakterinya supaya aman untuk anak,” katanya kepada housingestate.id saat acara Nippon Spotl-less Plus parenting talkshow di Jakarta akhir pekan lalu.

Linda menjelaskan, cat dengan fitur anti bakteri awalnya digunakan untuk ruang-ruang di rumah sakit yang areanya harus tetap steril, kemudian berkembang untuk penggunaan di rumah khususnya di kamar anak.

Dengan cat yang dilengkapi fitur anti noda, dinding jadi mudah dibersihkan, cukup  dengan kain lembab, bila terkena noda atau dicorat-coret anak. Sedangkan dengan fitur anti bakteri, dinding aman dipegang anak-anak bahkan bila mereka memasukkan tangannya ke dalam mulutnya.

Nippon Spot-less Plus diklaim dilengkapi formula Silver Ion yang akan melemahkan hingga mematikan perkembangan berbagai macam bakteri. Silver Ion ini banyak digunakan pada beberapa alat kesehatan seperti perangkat kedokteran, plester luka, hingga sikat gigi. Cat dengan fitur khusus ini juga disebut telah lulus uji anti microbial dari Setsco, sebuah lembaga akreditasi dari Singapura.

“Kita bisa bilang rumah-ruamah zaman dulu tidak ada yang pakai cat dengan fitur khusus seperti ini. Tapi, perkembangan sekarang rumah makin kecil dan kompak dengan penggunaan bahan kimia di mana-mana sehingga ada risiko yang dulu tidak ada. Fitur khusus seperti ini jadi dibutuhkan karena kita sering tidak sadar penyebaran penyakit salah satunya bisa dari dinding,” jelas Linda.