HousingEstate, Jakarta - Pengembangan rumah bersubsidi di Pesona Prima Cikahuripan 6 (8 ha) akan lebih baik dari Pesona Prima Cikahuripan 5 (5,5 ha) yang sudah sold out tahun lalu. Penegasan itu disampaikan Hadiana, Direktur Utama PT Kreasi Prima Land, developer kedua perumahan di Jl Raya Cikahuripan, Klapanunggal, Bogor, itu. Salah satu keunggulan Pesona Prima Cikahuripan 6, akan dilengkapi belasan kios di jalan utamanya. “Seluruh kios disewakan agar kami mudah mengelola dan mengatur tenant mix-nya,” katanya.

Untuk membeli rumahnya konsumen cukup membayar tanda jadi dan biaya administrasi Rp1,5 juta serta depe Rp1,6 juta.

Jalan utamanya juga diperlebar dari 10 m menjadi 12 m dan dibeton setebal 15 cm. Begitu pula seluruh jalan lingkungan, dibeton dengan ketebalan yang sama. Pesona Prima Cikahuripan 6 akan dilengkapi sekolah TK, SD, dan Taman Pendidikan Al Quran. Supaya makin menarik, developer akan menghiasi tembok-tembok rumah di kaveling sudut dengan mural warna-warni yang temanya bisa menginspirasi warga. Developer juga akan memanfaatkan sebagian lahan fasos dan fasum yang kosong untuk kebun sayur hidroponik.

Seperti di Pesona Prima Cikahuripan 5, perumahan baru ini juga akan dilengkapi gerbang utama dan masjid yang representatif, serta sistem keamanan satu pintu yang dijaga satpam 24 jam didukung kamera CCTV. Untuk penghijauan, developer juga membuat program serupa, menanam seribu pohon buah di seluruh area perumahan. “Setiap dua rumah saya tanam satu pohon,” ujarnya. Selebihnya ditanam di lahan fasos-fasum.

Developer juga akan mendirikan Janaiz (lembaga yang  mengurus jenazah) gratis untuk warga perumahan dan sekitarnya. Akan dibuat juga kolam penampungan air hujan dari saluran induk yang difungsikan juga sebagai kolam penetrasi air limbah rumah tangga sebelum dialirkan ke sungai. Kolam itu juga akan dimanfaatkan untuk beternak ikan.

 

Sertifikat hak milik

Harga rumahnya sesuai ketentuan baru pemerintah Rp158 juta/unit, sudah termasuk AJB dan peningkatan sertifikat dari HGB ke SHM, tapi belum termasuk BPHTB dan biaya KPR. Menurut Hadiana, saat di-launching akhir Ramadan lalu, langsung terjual 98 unit. Hingga akhir Juni penjualannya sudah di atas 150 unit. “Desember nanti penjualan kami batasi hanya 280 unit. Selebihnya sekitar 457 unit kami pasarkan tahun 2020. Insyaallah satu tahun sold out,” katanya.

Untuk membeli rumahnya, konsumen cukup membayar tanda jadi dan biaya administrasi Rp1,5 juta serta uang muka Rp1,6 juta. Cicilan KPR-nya tetap sampai lunas senilai Rp1.687.869/bulan (KPR 10 tahun), Rp1.225.666 (15 tahun), dan Rp1.045.821 (20 tahun). Persyaratannya sesuai ketentuan pemerintah, yang bisa membeli adalah mereka yang bergaji hingga Rp4 juta/bulan untuk pegawai swasta dan Rp7 juta untuk PNS dan anggota TNI/Polri.

Karena lokasinya hanya 10 menit dari stasiun kereta Nambo, Pesona Prima Cikahuripan 6 cocok untuk mereka yang bekerja di Jakarta, terutama yang kantornya mudah diakses dari stasiun Manggarai, Sudirman, dan Tanah Abang, selain pekerja di kawasan Gunung Putri-Cibubur-Cileungsi karena perumahan juga dilalui angkot nomor 42. Yang menggunakan kendaraan pribadi dan berkantor dalam radius 20-30 km pun masih ideal tinggal di perumahan ini.