HousingEstate, Jakarta - BSD City, Serpong, Tangerang, menjadi fenomena pengembangan township di dekat Jakarta. Bukan hanya areanya yang luas tapi konsep  pengembangannya  matang dan menarik. Perkembangannya bagus dengan inovasi-inovasi baru yang sejalan dengan tren dan kebutuhan masa kini. Di usianya yang ke-30 proyek  Sinar Mas Land itu semakin mature dan terintegrasi dengan dukungan fasilitas semakin komplit. Selain hunian di dalamnya tersedia beragam fasilitas untuk bisnis, jasa, dan gaya hidup (lifestyle). Pusat konvensi, hotel, perkantoran, mal, lifestyle center, area komersial, rumah sakit, beberapa hypermarket, dan kampus, semuanya ada.  Perusahaan dan institusi yang bergerak dalam pengembangan ICT (information communication technology) juga tumbuh di kota baru ini.  “Kami mengembangkan ecosystem digital, kami fasilitasi perusahaan-perusahaan bidang ICT terutama start up masuk BSD. Ini untuk mendukung era industri 4,0  yang menjadi tren global,” ujar Irvan Yasni, CEO Technologi Business Sinar Mas Land.

Pengembangan BSD dirancang sangat bagus dan didukung infrastruktur memadahi. Kawasannya terkoneksi langsung dengan jalan tol Serpong-Ulujami-Taman Mini dan dua stasiun, Rawabuntu dan Cisauk, yang dilalui kereta komuter Tanah Abang-Serpong dan Tanah Abang-Serpong-Parung Panjang-Maja. Selain itu ada  bus Trans Jakarta BSD-Grogol (Jakarta Barat).  Nanti aksesnya semakin mudah karena ada tiga ruas tol baru yang terkoneksi dengan BSD, yaitu Serpong-JORR W2, Serpong-Kunciran-Bandara, dan Serpong-Balaraja-Bandara. Karena itu kawasan ini sangat mudah diakses dari berbagai kawasan Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek).

Aksesnya makin mudah karena BSD mengembangkan kawasan Intermoda (25 ha) yang terintegrasi dengan Stasiun Cisauk. Semua moda, seperti angkutan kota, feeder busway, dan BSD Link  masuk kawasan ini. Di sini para penumpang dapat berganti moda ke tujuan masing-masing. Yang mau menumpang kereta cukup berjalan kaki ke stasiun melalui sky bridge yang cukup nyaman. Kawasan dekat kampus Universitas Atmajaya ini dilengkapi area komersial, pasar modern, dan parkir memadahi. Selain itu ada  food court  di lantai dua yang dikelola sendiri oleh SML.

Pembangunan sejumlah infrastruktur itu mempercepat perkembangan BSD. Selain jadi kiblat hunian kaum menengah dan menengah atas kalangan pebisnis juga melirik kawasan ini. Ini terlihat dari menjamurnya pertumbuhan ritel, perkantoran, area komersial, pusat belanja, dan lifestyle center. Hotel yang beroperasi di BSD ada belasan, beberapa rumah sakit, dan mal lebih dari satu: AEON dan Teras Kota. Semua itu menggambarkan pesatnya pertumbuhan kota baru tersebut.  Perusahaan multinasional juga masuk BSD.  Salah satunya Unilever Indonesia yang memindahkan kantornya dari Jakarta ke BSD sejak dua tahun lalu.  Unilever membangun gedung ramah lingkungan di kawasan green office park.   Dengan akses mudah dan fasilitas lengkap BSD kini mulai menjadi alternatif Jakarta.  Sekarang beberapa even besar seperti eksibisi, konvensi, dan pagelaran musik mengambil tempat di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD, tidak lagi di Jakarta.