HousingEstate, Jakarta - Transformasi BSD menjadi integrated smart digital city bermula dari visi Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja sekitar 10 tahun lalu. Michael merupakan generasi  ketiga Sinar Mas Land setelah Eka Tjipta Widja dan Muktar Widjaja. Ia ingin BSD tidak berkembang konvensional dan dapat meladeni milenial yang gaya hidupnya simpel dan informal. Untuk itu Micheal membangun The Breeze mendahului Digital Hub. Lifestyle center seluas 13,5 ha di kawasan green office park itu penuh dengan kafe dan resto yang terkoneksi melalui koridor dan diakses dengan berjalan kaki.

Kawasan hasil rancangan Jerde, arsitek kenamaan asal AS yang terkenal dengan desain luar ruang itu didominasi ruang terbuka. Di sini para milenials dapat kongkow, buka laptop dan bekerja seperti yang dilakukan para professional di Silicon Valley. “The Breeze bagian tidak terpisahkan dari Digital Hub, di sini para milenial dan professional dapat bekerja dan meeting karena tempatnya nyaman,” ujar Irvan Yasni, CEO Technologi Business Sinar Mas Land.

Perusahaan rintisan atau start up dapat memulai usaha di BSD  karena Sinar Mas Land juga menyediakan co-working space di Green Office Park.  Peminatnya lumayan tinggi dari 20.000 m2 terisi 90%.

Melengkapi pengembangannya yang terintegrasi BSD juga mengembangkan Edutown, kawasan pendidikan seluas 40 ha. Di kawasan ini terdapat beberapa sekolah dan universitas, seperti Universitas Prasetiya Mulya, Atmajaya,  International University Liaison Indonesia (IULI). Kampus-kampus ternama dengan mahasiswa cukup banyak itu mempercepat terbentuknya komunitas digital di BSD.  Kini BSD tumbuh menjadi kota baru multisegmen sekaligus kota jasa, pusat pendidikan , dan pusat bisnis paling mumpuni di barat Jakarta.

Perusahaan-perusahaan besar dan sejumlah investor asing banyak yang masuk BSD. Tokyu Land, Hong Kong Land,  Kingland, Lulu Hyperkarket (Dubai), AEON Jepang, adalah beberapa di antaranya.  Mereka menjadi partner strategis Sinar Mas Land untuk mengembangkan sejumlah proyek properti, seperti apartemen, landed residential, dan mal. Masuknya beberapa investor asing  itu menjadikan BSD  sebagai kawasan pengembangan internasional dengan standar kualitas tinggi. AEON Mall kini menjadi destinasi paling populer dan tidak pernah sepi. Perkantoran dan area komersial terus tumbuh yang menjadikan kawasan BSD semakin hidup dan kebutuhan hunian semakin besar.