HousingEstate, Jakarta - Kereta komuter telah menjadi salah satu sarana transportasi favorit masyarakat Jabodetabek karena menawarkan kenyamanan dan kepastian waktu jemput serta perjalanan. Karena itu sekarang banyak pengembang yang menjual kedekatan dengan stasiun kereta itu sebagai pemikat yang membuat produknya lebih laris.

Salah satunya Stasiun Telaga Murni di areal Metland Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, di jalur kereta komuter Jakarta-Bekasi-Cikarang. Stasiun dibangun dari kerja sama Dirjen Perkeretaapian, Pemerintah Kabupaten Bekasi, dan PT Fajarputera Dinasti (anak usaha PT Metropolitan Land Tbk atau Metland), pengembang perumahan Metland Cibitung (460 ha). Pembangunan stasiun dimulai tahun 2015 oleh Metland.

Menurut Anhar Sudradjat, Wakil Direktur Utama Metland, stasiun Telaga Murni dibangun di atas lahan seluas 2.051 m2 dengan luas bangunan 2.630 m2 dengan peron sepanjang 260 m yang bisa melayani 12 rangkaian kereta.

“Stasiun ini sudah diujicoba sejak 18 Mei 2019 dan sudah dilakukan evaluasi menyeluruh hingga hari ini. Tentunya stasiun ini bisa menjadi salah satu fasilitas yang memudahkan aksesibilitas penghuni dalam berpergian dari kawasan Metland Cibitung dan sekitarnya,” ujarnya saat acara peresmian sebagaimana siaran pers Metland di Bekasi, Selasa (13/8/2019).

Stasiun diresmikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada hari yang sama bersama jajaran direksi Metland dan Pemkab Bekasi. Pembangunannya juga sesuai dengan spesifikasi teknis untuk memenuhi pelayanan minimum stasiun perkotaan yang dilengkapi dengan ticketing gate, CCTV, penunjuk informasi kereta, penunjuk jalur bagi penumpang, dan berbagai signing lainnya.

Stasiun Telaga Murni terletak di lintasan kereta Jakarta-Cikampek (kereta jarak jauh dan kereta komuter) tepatnya antara Stasiun Cibitung dan Cikarang. Dengan sudah ditambahnya jalur kereta menjadi dwiganda, kereta komuter memiliki jalur sendiri (dua jalur), terpisah dengan jalur kereta cepat (dua jalur). Jadi, frekwensi perjalanan kereta lebih banyak dan pasti dengan harga tiket terjangkau. Yang bekerja di Jakarta tapi tinggal di Cibitung tidak masalah. Dari Cibitung ke Jakarta sekarang dengan kereta komuter bisa kurang dari satu jam.