HousingEstate, Jakarta - PT Intiland Development Tbk membuka fasilitas park and ride (area parkir kendaraan) seluas 3.500 m2 di proyek perkantoran terpadu South Quarter, Jalan RA Kartini, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Pembuatan park and ride itu bekerja sama dengan PT MRT Jakarta. South Quarter berada di koridor bisnis RA Kartini-TB Simatupang antara stasiun MRT Fatmawati (sekitar 700 meter) dan Lebak Bulus (sekitar satu kilometer). Di area South Quarter saat ini sudah beroperasi gedung perkantoran, area kuliner dan hangout Dome, dan klaster rumah tapak untuk segmen high end.

Peresmian fasilitas park and ride itu dilakukan Kamis (15/8/2019) oleh CEO dan Presiden Direktur Intiland Hendro S Gondokusumo, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar, Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono, dan pejabat Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Sebelum seremoni acara, dilakukan penandatanganan kolaborasi MRT Jakarta dan Intiland mengembangkan fasilitas park and ride itu.

Menurut Permana melalui siaran pers di Jakarta, Kamis (15/8/2019), pembangunan park and ride itu merupakan salah satu bentuk upaya Intiland mendorong kesadaran publik menggunakan angkutan umum sebagai sarana mobilitas utama di Jakarta. Sejumlah proyek Intiland di Jakarta berada di jalur MRT Lebak Bulus-Bundaran HI yang sudah sejak beberapa bulan lalu beroperasi.

William Sabandar memuji inisiatif Intiland membangun park and ride di areal proyeknya. Ia menyebut sebelumnya belum ada developer yang melakukannya. “Sekarang di sepanjang koridor MRT Lebak Bulus terdapat setidaknya dua titik park and ride. Satu di Lebak Bulus, satu lagi di South Quarter. Dengan fasilitas ini kami berharap makin banyak orang yang beralih dari kendaraan pribadi ke MRT,” kata William.

Peresmian park and ride South Quarter di jalur MRT Lebak Bulus-Bundaran HI, Jalan RA Kartini, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, oleh (ka-ki) Hendro S Gondokusumo, CEO PT Intiland Development Tbk (developer South Quarter), Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar, Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono, dan Kepala Seksi Gakkum Dishub Jakarta August Fabian (foto: Susilo Waluyo/HousingEstate).

Area park and ride South Quarter saat ini mampu menampung 75 mobil dan 30 sepeda motor. Tarif parkirnya saat ini khusus bagi pengguna MRT pada hari itu (yang dibuktikan dengan bekas tap di stasiun MRT saat memasuki areal parkir South Quarter), hanya Rp5.000/hari untuk mobil dan Rp2.000/hari untuk sepeda motor.

“Adanya fasilitas park and ride sangat berguna bagi masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum khususnya MRT. Ini dapat menjadi gaya hidup baru yang lebih aman, lebih cepat, lebih efisien, dan lebih ramah lingkungan bagi warga urban Jakarta,” kata Permana.

“Kita sediakan juga layanan bis Transjakarta yang akan mengantar penumpang dari halte park and ride (South Quarter) ke stasiun MRT terdekat,” lanjutnya. Dengan adanya park and ride itu tentu saja kawasan South Quarter diharapkan developernya akan makin ramai karena menjadi semacam meeting point.