HousingEstate, Jakarta - Menikmati Seni Ruang Publik di Mal

Pengunjung mal Senayan City berfoto di depan instalasi seni karya Antonio S. Sinaga berjudul “Why do you pray?” yang dipamerkan dalam rangkaian festival seni rupa kontemporer 13 ARTniversary di Senayan City, Jakarta (Foto : HousingEstate/Susilo Waluyo)

Melihat seni ruang publik yang semakin berkembang, mal Senayan City di kawasan Senayan, Jakarta, memilih perayaan 13 tahun perjalanannya dituangkan dalam festival seni rupa kontemporer bertajuk 13th Artniversary. Mengusung konsep Today, Tomorrow, The Future, Senayan City menggandeng 13 seniman kontemporer untuk membuat 13 instalasi seni yang tersebar di area mal. Masing-masing seniman menempatkan karyanya dalam pilar dan hanging decoration dengan dimensi yang berbeda-beda.

Instalasi seni berupa lukisan, patung, foto hingga digital motion graphic dengan pendekatan ragam media dari pendekatan konvensional hingga metode non konvensional bisa dinikmati pengunjung mal mulai 1-29 September 2019. “Festival ini diharapkan dapat  memberikan inspirasi bagi para pecinta seni dan pengunjung setia untuk selalu menjaga dan mengapreasiasi seni di ruang publik serta mendukung karya-karya seniman tanah air,” ungkap Halina, Leasing & Marketing Communication Director Senayan City saat pembukaan pameran pada Minggu (1/9).

Seniman yang terlibat berasal dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali. Pameran karya seni ini dapat dinikmati dalam ruang publik mal yang terbagi dalam tiga kategori area utama, mulai dari main lobby, south lobby dan north lobby yang menceritakan mengenai konsep Today, Tomorrow, The Future. Dalam rangkaian kegiatan ini Senayan City juga mengadakan Art Charity Auction yang sebagian dari hasilnya akan didonasikan ke Yayasan Mitra Museum Jakarta (YMMJ). Diadakan juga Kelas seni dan Art Dialogue dalam Artivities berkolaborasi bersama Ganara.art dan Artsphere di Curated Space lantai 1. Selain itu juga akan digelar Theatrical Artniversary Performance  dan Artniversary Workshop. Berikut ini beberapa karya yang dipamerkan.

Today

Karya seni yang ditampilkan menceritakan mengenai penggambaran akan posisi kita berada sekarang, apa yang dirasakan mengenai saat kini. Seniman yang berkolaborasi di area Today ini antara lain :  Antonio S. Sinaga, Erwin Windu, Made valasara, Rebellionik, Ruth Marbun, Rega Ayundya Putri dan Sekarputi x Agugn.

(IN)TENTION karya seniman Rebellionik menggambarkan pembangunan kota Jakarta diwakili dengan besi konstruksi dalm warna-warna cerah. (Foto : HousingEstate/Susilo Waluyo)

 

Tomorrow

Berlokasi di South lobby Senayan City, pengunjung dapat menemui karya seni dari Anton Ismael, Monica Hapsari dan Satria Nugraha dalam tiga pilar di bagian tengah. Pada area ini menjabarkan apa yang dapat terjadi keesokan hari, tentang harapan baru, pemikiran baru, dan semangat baru.

Tiga instalasi seni dalam tiga pilar di area South Lobby yang mengusung tema Tomorrow (Foto : HousingEstate/Susilo Waluyo)

 

The Future

Para seniman merepresentasikan gambaran ide yang akan terjadi di masa mendatang dan mewujudkan pemikiran tersebut dengan perpaduan elemen modern. Seniman yang digandeng diantaranya Bandu Darmawan, Eldwin Pradipta dan Fika Ria Santika sebagai kreator di area ini.

Tiga instalasi seni dalam tiga pilar di area South Lobby yang mengusung tema Tomorrow (Foto : HousingEstate/Susilo Waluyo)