HousingEstate, Jakarta - PT Eka Surya Mustika (Mustika Land Group) meneken perjanjian kerja sama joint venture (JV) dengan Creed Group (Jepang) untuk mengembangkan perumahan Mustika Sukamulya di wilayah Sukamulya, Kecamatan Sukatani, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Kedua perusahaan bersepakat menggarap proyek rumah murah di atas lahan seluas 35 ha dengan  nilai investasi Rp110 miliar.

Menurut Direktur Utama Mustika Land David Sudjana, JV dengan perusahaan Jepang merupakan salah satu komitmen perusahaan untuk menghasilkan hunian berkualitas bagi masyarakat. “Kami sudah berpengalaman di bisnis properti selama lebih dari 30 tahun. Wilayah Cikarang memiliki potensi yang sangat besar terkait banyaknya kawasan industri dan perkembangan kawasan. Makanya digandeng Creed Group supaya akselerasi kita bisa lebih cepat,” katanya saat acara penandatanganan di lokasi proyek akhir pekan lalu.

Mustika Sukamulya akan mengembangkan rumah murah sebanyak 3.300 unit. Tahap pertama sudah dipasarkan dan mulai dibangun sebanyak 100 unit. Tipe rumahnya 27/60 seharga Rp150 jutaan dan 30/60 Rp190 jutaan. Targetnya akhir tahun ini 100 unit rumah tahap pertama itu bisa diserahterimakan.

Rumah tipe 27/60 merupakan hunian bersubsidi yang bisa diakses dengan KPR drengan skim Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Porsinya mencapai 60 persen dari seluruh rumah di areal proyek. Sementara 40 persen sisanya (tipe 30/60) dipasarkan secara komersial.

Founder dan Managing Director Creed Group Mr. Toshihiko Muneyoshi menambahkan, Creed Group berkomitmen membawa kualitas Jepang dan menyasar negara atau kota-kota dengan market lokal yang besar dengan menyediakan produk untuk pengguna (end user) supaya bisa diserap sebanyak mungkin.

“Kami menyasar real demand seperti di Mustika Sukamulya ini, mengembangkan proyek yang profitable tapi juga memberikan value dan kenyamanan kepada konsumen. Sejauh ini kami sudah mengembangkan 20 proyek dengan lebih dari 5.000 unit rumah di kawasan Asia Tenggara,” katanya.

Mustika Sukamulya juga dilengkapi dengan taman seluas 3.000 m2 dan pengelolaan air bersih mandiri (WTP) untuk menyuplai air bersih hingga 4.000 unit rumah. Ada juga danau resapan seluas 4.600 m2.