HousingEstate, Jakarta - Berbagai pihak terus berupaya menggairahkan bisnis properti agar kembali bergairah, antara lain melalui pameran atau expo. September ini diadakan Indonesia International Property Expo (IIPEX) 2019 oleh Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI), portal properti Rumah.com, dan event organizer (EO) Dyandra Promosindo.

IIPEX 2019 disebut dikonsep unik dan berbeda dengan umumnya expo dan sekaligus digelar di empat kota secara bersamaan: Jakarta, Medan, Surabaya, dan Denpasar, Bali. Yaitu, 21-29 September 2019 di Jakarta dan 25-29 September di tiga kota lain. Pameran akan mengintegrasikan seluruh potensi dari penyelenggara mulai sistem pameran hingga transaksi penggabungan online-offline.

“Kita terpanggil menyelenggarakan expo untuk kembali menggairahkan industri properti yang dua tahun ini sangat terasa beratnya. Kami bukan sekadar menghadirkan peserta yang banyak, tapi lokasi-lokasi di mana banyak permintaan. Pengembangnya kami ajak secara khusus. Misalnya, di Tangerang Selatan itu pasarnya sangat bagus, pengembang di sana kami dorong hadir di sini dan memberikan promo terbaik. Grand Kamala Lagoon di Bekasi itu salah satu yang penjualannya terbaik dari PP Properti. Itu juga kami ajak di expo ini,” kata Hari Gani, Wakil Ketua Umum DPP REI saat media gathering di Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Country Manager Rumah.com Marine Novita menyatakan, total pengunjung Rumah.com mencapai 5,5 juta setiap bulan dan ini akan diarahkan untuk menjadi pengunjung expo. “Ajang expo ini juga menghadirkan pengembang dari Thailand dan yang dipamerkan di sini akan dibawa juga ke jaringan Rumah.com yang merupakan bagian dari Propertyguru di Thailand, Malaysia, Singapura, dan Vietnam dengan total pengunjung mencapai 25 juta,” ungkapnya.

Pameran serentak di empat kota itu juga memungkinkan pengunjung melihat berbagai properti di kota lain dengan sistem video dan kamera khusus 360, seperti melihat di galeri marketing. Ada juga aplikasi khusus yang memungkinkan pengunjung bertransaksi untuk properti di luar kota. Ajang ini akan memudahkan transaksi dari sistem offline ke online sehingga dari setiap kota bisa melihat dan bertransaksi antar kota yang berbeda.

Dyandra Promosindo saat ini juga tengah mengadakan pameran di JCC Senayan, Jakarta, yang akan menjadi lokasi IIPEX 2019 di Jakarta. Di antaranya pameran travel, teknologi, dan beberapa lainnya. “Nantinya pengunjung seluruh pameran di JCC itu akan diarahkan flow-nya untuk ke IIPEX sehingga menambah potensi pengunjung yang lebih besar. Total ada 200 pengembang yang menampilkan 1.000-an produk mulai rumah bersubsidi hingga properti premium seharga di atas Rp5 miliar dalam IIPEX,” kata Michael Bayu, Direktur Dyandra Promosindo.