HousingEstate, Jakarta - Portal jual-beli properti asal Singapura 99.co yang telah masuk ke Indonesia sejak tahun 2016 kembali menyelenggarakan Hari Properti Online Nasional (HarPropNas). Ajang tahunan yang diselenggarakan untuk kedua kalinya ini dimulai setiap tanggal 9 September dan kali ini berlangsung hingga 9 Oktober 2019. HarPropNas ditujukan untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana membeli properti secara online.

99.co memfasilitasi konsumen melakukan pembelian properti melalui penjualan Electronic Key (E-key) atau semacam voucher elektronik yang bisa ditebus (redeem) dengan berbagai penawaran seperti hadiah langsung, diskon uang muka, atau potongan harga jual. Setiap konsumen diharuskan membeli E-key di 99.co pada properti yang sudah dipilih sebelum  melakukan transaksi secara offline di developer.

Tahun ini, 99.co menawarkan E-key seharga mulai dari Rp200.000 untuk pilihan properti di bawah Rp200 juta, Rp1 juta untuk properti di rentang harga Rp200-500 juta, Rp2 juta untuk harga properti Rp500 juta-Rp1 miliar, dan Rp5 juta untuk properti berharga di atas Rp1 miliar/unit. Masing-masing E-key dinamai bronze, silver, gold, dan diamond.

Pada penyelenggaraan tahun lalu, 99.co  menggandeng 20 developer untuk ikut serta dengan memberikan beragam hadiah dan potongan harga menarik. Transaksi yang tercatat selama HarPopNas tahun lalu mencapai penjualan 126 unit E-Key atau setara dengan nilai properti Rp76 miliar.

“Tahun lalu di luar dugaan penjualan E key justru terbanyak untuk harga properti di atas Rp1 miliar, mungkin karena diskon yang ditawarkan menjadi lebih berasa juga kalau harga propertinya mahal,” kata Irvan Ariesdhana, Country Manager Indonesia 99.co saat konferensi pers HarPropNas 2019 di Jakarta, Selasa (10/9/2019). Di tahun ini, 99.co berhasil mengajak 30 developer berpartisipasi menawarkan lebih dari 40 proyek di megapolitan Jabodetabek, Riau dan Jawa Timur. Di antaranya Sinar Mas Land, Paramount Land, Jaya Real Property, Puri Permata Maja, Skandinavia, dan Angel Residence.

Keuntungan bagi pembeli yang ditawarkan berupa diskon hingga 35 persen untuk harga propertinya dan potongan booking fee sampai 99 persen. Nilai E key yang dibeli oleh setiap konsumen di awal akan mengurangi harga jual properti saat transaksi terjadi. Masa redeem atau menebus E key hanya berlaku selama 1 bulan sejak pembelian. Jika konsumen tidak melakukan transaksi pembelian properti dalam masa tersebut, E key akan hangus atau tidak bisa dikembalikan uangnya.