HousingEstate, Jakarta - Jakarta Garden City (JGC) yang dikembangkan PT Mitra Sindo Sukses (Modernland Group) di Cakung, Jakarta Timur, terus berbenah untuk meningkatkan kinerja penjualannya. Selain melengkapi perumahan dengan berbagai fasilitas seperti mal dan area komersial, township seluas 370 ha itu juga membangun sales gallery baru yang lebih representatif. Lokasinya di seberang AEON Mall JGC bersebelahan dengan gerai furnitur IKEA.

“Sales Gallery yang baru ini kami perlukan untuk melayani konsumen dan mitra bisnis baik investor dalam dan luar negeri yang animonya semakin tinggi terhadap JGC,” kata Direktur Utama PT Modernland Realty Tbk William Honoris pada acara peresmian new sales gallery JGC di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Sales gallery JGC yang baru ini dibangun di lahan seluas 6.880 m2 dengan green area seluas 2.600 m2. Bangunannya dua lantai seluas 1.867 m2. Desainnya unik menyerupai rumah Eskimo hasil rancangan biro arsitek Salim Abdullah. Massa bangunannya bulat dengan jari-jari warna putih di sekeliling bangunan dan kisi-kisi warna coklat yang diaplikasikan secara horizontal.

Seluruh dindingnya dari material kaca transparan sehingga di siang hari di dalam ruangan terang dengan pencahayaan alami. Di dalam sales gallery yang pembangunanannya konon menelan dana hingga Rp23 miliar itu terdapat berbagai fasilitas seperti lobi, ballroom, deal room, show unit area, children play ground dan lounge. Ruangan staf semuanya di lantai dua. Salim sengaja membuat rancangan desain seperti itu agar ikonik bahwa di negeri tropis ada bangunan Eskimo.

Hyronimus Yohanes, GM Marketing & Sales Jakarta Garden City, mengatakan, selain memasarkan produk hunian seperti rumah tapak dan apartemen, ke depan JGC akan lebih serius memasarkan kaveling komersial. Ini untuk meladeni kalangan investor dan pebisnis yang ingin membuka usaha di JGC, misalnya ritel, resto, dan pusat belanja.

Prospeknya menjanjikan karena sejak beroperasinya AEON Mall dan beroperasinya akses tol Tanjung Priok, JGC semakin ramai dan hidup.  Kawasan ini menjadi mudah dijangkau dari berbagai wilayah Jakarta terutama Jakarta Utara melalui jalan tol. Karena itu kendati pasar sedang lesu, penjualan JGC masih mengesankan. Hingga Agustus 2019 penjualannya sekitar Rp700 miliar.     Paling laku produk-produk properti di bawah Rp1,5 miliar.

Untuk merespon permintaan pasar seperti itu JGC melakukan resizing produk dengan mengecilkan ukuran bangunan. Contohnya, di klaster La Sein dulu paling kecil 72/90, sekarang menjadi 60/85. Demikian juga di The Savoy dari semula paling murah Rp2,3 miliar saat ini ada produk seharga Rp1,3 miliar. JGC masih memasarkan rumah di beberapa klaster seperti Mahakam, Shinano, Yarra mulai dari Rp1,4 miliar. Selain itu ada ruko yang dibandrol mulai Rp4,8 miliar dan apartemen mulai dari Rp600 jutaan.

Dalam empat bulan ke depan akan diluncurkan sejumlah produk baru, antara lain tipe baru di klaster Shinano dan apartemen Cleon Park South Tower. Tower pertama (Cleon North Tower) yang lokasinya dekat AEON boleh dibilang sudah habis. Stoknya tinggal beberapa unit.