HousingEstate, Jakarta - PT Repower Asia Indonesia (Repower) akan mengembangkan proyek hunian vertikal dengan konsep education and transit oriented development (ETOD) atau hunian yang berorientasi pada penyediaan fasilitas pendidikan sekaligus kemudahan akses transportasi. Menurut Direktur Repower Aulia Firdaus, ETOD merupakan konsep hunian yang akan diimplementasikan dalam pengembangan proyek perusahaan yang akan datang (future development) di Bekasi Timur (Jawa Barat), Tangerang (Banten), dan Pasar Minggu (Jakarta Selatan).

“Saat ini konsumen makin mempertimbangkan fasilitas huniannya dengan kemudahan akses transportasi dan sarana pendidikan. Makanya kami mengembangkan hunian yang dilengkapi fasilitas sekolah hingga perguruan tinggi sekaligus mudah akses transportasinya,” ujarnya di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Repower menyiapkan tiga proyek apartemen dengan konsep ETOD itu untuk mulai dibangun tahun 2020 dengan target rampung tahun 2021 hingga 2023. Segmen pasarnya menengah ke atas dengan menghadirkan hunian yang nyaman berfasilitas sarana pendidikan dan area komersial lengkap. “Tiga proyek ETOD itu mengusung desain arsitektur modern tropis,” ungkapnya.

Dijelaskan Aulia, konsep hunian ETOD diterapkan dengan pengalaman Repower menggarap hunian tapak di Botanical Puri Asri di kawasan Tugu, Tanah Baru (Depok, Jawa Barat). Hunian yang berdiri di atas lahan seluas 1,8 ha (92 unit) itu lokasinya sangat strategis dan terletak dengan tiga kampus universitas: UI, ISTN, dan Akademi Pimpinan Perusahaan (APP). “Perumahan lain yang masih kami selesaikan adalah Green Botanical Garden di Jagakarsa, Jakarta Selatan, dekat dengan kawasan bisnis TB Simatupang,” ujarnya.

Ia belum bisa menjelaskan detail tiga proyek ETOD itu saat ini. Yang pasti proyek apartemen di Pasar Minggu lokasinya dekat dengan kampus Universitas Nasional dan stasiun KRL Pasar Minggu.