HousingEstate, Jakarta - Setelah lama tidak menawarkannya, pertengahan September 2019 PT Ciputra Indah, pengembang CitraIndah City (800-1.200 ha), Jalan Raya Jonggol-Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kembali melansir rumah sederhana bersubsidi di klaster Bukit Teratai.

Menurut Fienso dari bagian promosi CitraIndah City yang mengirimkan informasi tertulisnya kepada HousingEstate, seluruh rumahnya berupa tipe 22/60 satu lantai. Jumlah rumahnya hanya 300 unit di klaster Bukit Teratai di selatan klaster Bukit Damar. Harga rumahnya Rp157 jutaan/unit bila dibeli dengan KPR bersubsidi.

“Harga sudah termasuk IMB, sambungan listrik 900 VA, sambungan air PDAM, biaya AJB, balik nama, dan BPHTB,” katanya. Bila dibeli dengan KPR, persyaratan uang mukanya hanya lima persen. Sedangkan bunga KPR-nya hanya lima persen per tahun fixed (tetap) selama masa kredit (tenor) maksimal 20 tahun.

Dengan uang muka lima persen dan bunga lima persen per tahun itu, cicilan kredit rumahnya hanya Rp987 ribu per bulan dengan KPR 20 tahun. Sedangkan dengan KPR 15 tahun sekitar Rp1,18 juta/bulan, serta Rp1,58 juta/bulan (10 tahun), dan Rp2,82 juta/bulan (5 tahun). Saat ini Ciputra Residence sudah membuka nomor urut pemesanan (NUP) rumah bersubsidi tersebut.

Yang berhak memesan adalah pekerja, tetap atau kontrak, berusia minimal 21 tahun, sudah bekerja minimal dua tahun, masih bujangan atau sudah menikah, belum mempunyai rumah atau belum pernah mendapat KPR bersubsidi, dan penghasilan berada di range Rp1,5 juta–Rp4 juta/bulan yang dibuktikan dengan SPT pajak penghasilan ke kantor pajak.

CitraIndah menarik sebagai lokasi hunian kaum muda yang penghasilannya masih terbatas, karena mempunya akses langsung ke jalan tol JORR 2 Cimanggis (Jagorawi)-Cibitung yang sedang dibangun, dan jalur kereta ringan (LRT) Cibubur-Bogor yang melintasi jalur tol Jagorawi yang akan dibangun tahun depan.

Developer  menyediakan shuttle bus dari CitraIndah menuju Jakarta melintasi gerbang tol JORR 2 yang ada di Jalan Raya Cileungsi-Jalan Transyogi (Alternatif Cibubur) dan stasiun LRT di Cibubur. Selain itu ada juga bus umum baik kecil maupun sedang dan besar melintasi lokasi perumahan berskala kota yang nantinya dilengkapi fasilitas komplit itu.

Jadi, kendati lokasinya di Jonggol cukup jauh dari gerbang tol Cibubur (sekitar 23 km), akses penghuni Citra Indah ke Jakarta dan sebaliknya tidak sulit. Perumahan juga sudah sangat ramai dihuni, dengan kualitas bangunan dan infrastruktur setara real estate, semua rumah dikembangkan dalam klaster-klaster, dan fasilitas perumahan kian lengkap. Selain rumah bersubsidi, ada juga rumah murah seharga mulai dari Rp171 jutaan/unit di berbagai klaster.