HousingEstate, Jakarta - Bank Danamon milik Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) meneken kerja sama pembiayaan pemilikan rumah (KPR) dengan PT BSD Diamond Development (BDD), perusahaan joint venture Sinar Mas Land (SML) dan Mitsubishi Corporation yang mengembangkan pertumahan menengah atas The Zora (19 ha) di BSD City (6.000 ha), Serpong, Tangerang-Banten, akhir pekan lalu (19/9/2019). Mitsubishi Corporation juga menjadi perusahaan pengembang di Jepang 11 tahun terakhir dan mulai berinvestasi dalam bisnis real estate di Indonesia dua tahun terakhir.

Tidak dijelaskan siapa yang menandatangani perjanjian kerja sama. Yang jelas menurut siaran pers Bank Danamon, hadir dalam acara itu Consumer Business Head Bank Danamon Lanny Hendra dan Business Collaboration Head Naoki Mizoguchi, Managing Director, Head of Corporate Investment Banking & Products MUFG Bank Jakarta Masao Kojima, serta Vice President Director Denny Ponomban dan Project Director Oktavianus Ekowibowo.

Tidak disebutkan juga tingkat bunga KPR yang ditawarkan untuk pembelian rumah tapak di The Zora. Hanya dikatakan, tenor atau jangka waktu kreditnya bisa sampai 20 tahun. The Zora menawarkan rumah tiga lantai seharga mulai dari Rp4,5 miliar/unit (semi furnished) di berbagai klaster. Lanny berharap, kerja sama itu mendukung tren positif penyalurran kredit konsumer Bank Danamon yang sampai semester pertama 2019 total portofolio pembiayaan properti atau consumer mortgage saja sudah mencapai Rp8,8 triliun, tumbuh 28 persen dibanding tahun lalu.

Sebelumnya Bank Danamon sudah menjalin kemitraan dengan developer asal Jepang lainnya. Antara lain PT Toyota Housing Indonesia (anak perusahaan Toyota Housing Corporation Ltd) yang mengembangkan perumahan dan apartemen di Bekasi, PT Panahome Deltamas Indonesia (kerjasama Panasonic Group dengan Sinar Mas Group mengembangkan perumahan Savasa), PT Sayana Damai Putra (kerjasama antara Damai Putra Group & Nishitetsu Group mengembangkan apartemen Sayana di Kota Harapan Indah Bekasi), serta PT Sayana Integra Properti (kerjasama Daiwa House Group & Trivo Group mengembangkan kawasan apartemen terpadu Sakura Garden City di Bambu Apus, Jakarta Timur).