HousingEstate, Jakarta - Pameran properti Indonesia International Property Expo (IIPEX) 2019 di JCC Senayan dibuka sejak akhir pekan lalu (21/9/2019). Kemarin Rabu (25/9) IIPEX 2019 kembali dibuka untuk pameran serentak di empat kota Jakarta, Medan, Surabaya, dan Denpasar, oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil.

“Saya sangat mengapresiasi expo seperti ini karena menurut saya ini bagian dari optimisme dan keyakinan kita untuk atasi semua kendala khususnya di sektor properti. Selaku pemerintah saya sampaikan kalau pemerintah sangat serius memberikan kemudahan dengan pendekatan birokrasi yang melayani,” kata Sofyan.

Beberapa hal yang diupayakan Kementerian ATR/BPN, sejak dua tahun lalu telah dikembangkan teknologi digitalisasi untuk percepatan pelayanan sertifikasi tanah. Sofyan juga menyebut pihaknya sangat aktif me-review regulasi yang menyulitkan dunia usaha dan masyarakat guna memberikan kemudahan bagi semua pihak.

“Kami juga tengah menyiapkann road map digital untuk pencapaian seluruh bidang tanah di Indonesia setidaknya lebih dari 90 persen sudah tersertifikasi tahun 2025. Makanya kita juga mengembangkan digitalisasi map nasional, untuk memberikann kepastian kepada masyarakat dan dunia usaha. Kalau semua sudah tersertifikasi, pengurusan izin dan penggunaan lahan menjadi lebih jelas dan mudah,” bebernya.

IIPEX 2019 diselenggarakan oleh DPP Realestat Indonesia (REI), portal online Rumah.com, dan penyelenggara pameran Dyandra Promosindo (Kompas Gramedia Group). Ada 200 pengembang dengan lebih dari 1.000 proyek yang ditampilkan di empat kota tersebut dengan target transaksi selama pameran Rp800 miliaran hingga Rp1 triliun.

Country Manager Rumah.com Marine Novita menyatakan, banyak kemudahan dan promo yang dihadirkan selama pameran. “Ada banyak hadiah langsung, undian, hingga cashback. Jangkauan peserta dan konsumen menjadi luas karena empat kota  kita integrasikan. Yang di Jakarta dan kota lain bisa melihat produk properti di kota lain hingga melakukan transaksi,” katanya.