HousingEstate, Jakarta - PT Hutama Anugrah Propertindo (HAP), kolaborasi PT Harapan Inti Persada Indah (HIPI) dan PT Karya Cipta Anugrah Propertindo (KCAP), melakukan topping off tower Bellerosa dan Cattleya apartemen Serpong Garden (Segar/2,7 ha/5 menara) yang dikembangkannya di Cisauk, Tangerang (Banten), akhir pekan lalu (26/9/20189). Dua menara sebanyak masing-masing 1.500 unit dan 763 unit itu dikembangkan sejak akhir 2016.

Menurut siaran pers Segar kepada housingestate.id, Sabtu (28/9/2019), proses tutup atap dilakukan Ferdy Sutrisno (Direktur Utama HAP), Marco Iswara (Direktur Marketing Segar), Djoko Pramono (Direktur KCAP), Stanislas Hartanto (Direktur HAP), Lou Xian Feng (perwakilan dari CSCEC), dan Heri Fikro (perwakilan AIP 1 Limited).

Segar hanya berjarak sekitar 25 meter dari stasiun Cisauk, sehingga nanti diintegrasikan dengan stasiun di jalur kereta komuter di jalur Tanah Abang (Jakarta)-Bintaro-Serpong-Parung Panjang-Tigaraksa-Maja-Rangkabitung itu. Untuk itu HAP akan membangun jembatan layang dari apartemen ke stasiun yang sudah diremajakan total itu.

Di seberang Segar di areal kota baru BSD City (6.000 ha), dikembangkan kawasan hunian, komersial, dan terminal Intermoda (25 ha) oleh Sinar Mas Land yang juga terintegrasi dengan stasiun. Sementara di areal stasiun sendiri PT Adhi Karya Tbk melalui PT Adhi Commuter Properti mengembangkan apartemen Cisauk Point.

Developer Creed Group asal Jepang sudah masuk ke Segar tahun lalu untuk mengembangkan proyek dengan konsep transit oriented living (TOL) atau yang di sini lebih dikenal dengan istilah transit oriented development (TOD) itu. Creed (yang menurut Risky, markcomm Segar, saat topping off diwakili AIP 1 Limited) sudah berpengalaman panjang mengembangkan proyek TOD di Jepang.

Bersamaan dengan topping off itu, diluncurkan juga menara ketiga Diamanta yang kata GM Marketing HAP Clemens Papin Iswara dikonsep sebagai hunian pintar. Tidak disebutkan tipe-tipe unit yang masih dipasarkan di dua menara Segar itu saat ini. Tidak juga jumlah dan tipe unit yang ditawarkan di menara Diamanta. Sebelumnya Ferdy menyatakan menara ketiga akan berisi 1.500 unit hunian.

Dari price list yang diperoleh HousingEstate, menara Diamanta menawarkan tipe studio 20 m2 sampai dua kamar tidur 35 m2 (semi gross) seharga Rp319 juta-Rp541 juta/unit tunai sudah termasuk PPN. Belum berubah dibanding harga unit di dua menara yang disebutkan saat jumpa pers Segar akhir 2018 di Jakarta.