HousingEstate, Jakarta - Signify, produsen produk pencahayaan, antara lain Philips, menghadirkan solusi penerangan jalan untuk negara-negara tropis dengan banyak sinar matahari seperti Indonesia bernama Philips SunStay. Ini lampu jalan yang dirancang ringkas dengan mengintegrasikan panel tenaga surya, luminer, pengontrol pengisi daya, dan baterai dalam satu rumah lampu.

Instalasi lampu diklaim menghemat biaya pemasangan kabel, mengurangi jejak karbon, serta menurunkan pengeluaran operasional dan modal keseluruhan. Dengan output 3.000 lumen cahaya kuning dan kecukupan 175 lm/W, lampu-lampu tersebut lebih efisien dibandingkan lampu jalan bertenaga surya yang sudah ada.

Sistem pencahayaan ini mendukung peralihan manajemen ke kota-kota pintar yang berkelanjutan dengan menghemat biaya energi serta mengurangi ketergantungan pada jaringan listrik konvensional. Proyek percontohan dari Philips SunStay dikerjakan untuk Taman Infanta Elena di Sevilla, Spanyol.

Dua puluh lampu jalan tenaga surya Philips SunStay akan dipasang di taman tersebut selama proyek percontohan. Sevilla merupakan kota yang berkomitmen memerangi perubahan iklim dan sebuah model kota berkelanjutan yang memenuhi tujuan rencana strategis Sevilla 2030 serta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dari PBB.

Pencahayaan baru yang telah dipasang pada bulan Juni ini dikerjakan dalam waktu lebih singkat daripada waktu yang dibutuhkan untuk penerangan umum konvensional. Proyek percontohan tersebut sejalan dengan komitmen Signify menciptakan pencahayaan yang hemat energi, hemat sumber daya, dan membantu meningkatkan kualitas kehidupan.

“Kami sangat senang dapat menunjukkan relevansi pencahayaan bertenaga surya di negara-negara Eropa,” kata Harsh Chitale, Business Group Leader Professional, melalui siaran pers kepada HousingEstate, Kamis (3/10/2019).