HousingEstate, Jakarta - AKR Land, developer apartemen Gallery West Residences di kawasan gallery West (2,1 ha) di Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, melansir townhouse Sky Home atau “rumah tapak di angkasa” di podium lantai parkir apartemen tersebut akhir pekan lalu (5/10/2019). Jumlah rumahnya 14 unit berupa bangunan tiga lantai berukuran 275 – 325 m2 seharga Rp8 – 10 miliaran per unit.

Menurut Head of Design Gallery West Residences Huzaifa “Ifa” Tri Utami, bangunan rumah di Sky Home didesain dengan menempatkan ruang publik seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur tamu, dan dapur bersih (pantry) di lantai dua, dan ruang privat (kamar-kamar tidur penghuni) di lantai tiga.

Sedangkan area servis (seperti ruang cuci, dapur basah, kamar asisten rumah tangga, dan garasi) dipusatkan di lantai satu atau basement yang menyatu dengan area parkir. “Penghuni yang menggunakan mobil tinggal masuk ke lantai parkir apartemen menuju garasi rumah masing-masing, sebelum masuk ke dalam rumah melalui area servis,” katanya. Ifa berbicara bersama Anggun Melati, Head of Marketing Gallery West Residence dan Sales Supervisor Antonius Kristiono.

Selain Sky Home, diluncurkan juga Garden Home, rumah tapak yang menyatu dengan fasilitas taman di area ground floor apartemen sebagai alternatif. Jumlahnya 12 unit tipe 1-2 lantai seluas 80 -120 m2 (satu lantai) dan 174 m2 (dua lantai). Harganya Rp3-6 miliaran per unit. Di Garden Home desain layout huniannya dibuat seperti umumnya rumah tapak, tanpa pemusatan area servis di bagian atau lantai tertentu.

Anggun menyebutkan, rumah-rumah di Sky Home ditujukan untuk kalangan mapan berusia 50 tahun ke atas yang menghendaki hunian yang ekslusif dan mewah namun praktis seperti layaknya apartemen. Salah satu potensi pasarnya adalah pembeli apartemen Gallery West sebelumnya, dan para penyewa ruang kantor di AKR Tower dan Wisma AKR.

Selain apartemen, di kawasan Gallery West juga dikembangkan menara perkantoran, hotel bintang empat, serta area komersual dan ritel. Semuanya sudah beroperasi. Museum seni kontemporer Macan (Modern and Contemporary Art in Nusantara), salah satu destinasi favorit kaum muda Jakarta saat ini, ada di AKR Tower. “Baik Sky Home maupun Garden Home dipasarkan sudah dalam keadaan siap huni,” ujar Anggun. Townhouse

Kristiono menambahkan, townhouse di area dan lantai atas apartemen itu merupakan yang pertama di Jakarta Barat. Sebelumnya hunian serupa sudah dikembangkan developer lain di sebuah apartemen di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Karena dikembangkan di bangunan apartemen, semua unit townhouse di Sky Home dan Garden Home itu berstatus strata title (hak milik atas satuan rumah susun).

“Jadi, pengenaan iuran pengelolaan (service charge) dihitung per meter persegi layaknya unit apartemen. Saat ini service charge Gallery West Residences sekitar Rp18.000 per meter persegi (m2) sudah termasuk PPN,” jelas Kristiono.

Tentang apartemen Gallery West Residences (375 unit) sendiri, ia mengungkapkan, saat ini sebagian besar sudah terjual. Yang tersisa tinggal 84 unit. Harganya saat ini Rp1,5 miliaran per unit sudah termasuk PPN untuk tipe 44 m2 satu kamar tidur. “Apartemennya juga sudah siap huni dengan okupansi saat ini sekitar 45 persen, baik oleh penghuni sendiri maupun penyewa,” tuturnya.