HousingEstate, Jakarta - Puluhan mitra pengemudi transportasi online GrabCar mendapat kredit pemilikan rumah (KPR) melalui program KPR SMF-Grab yang diinisiasi BUMN PT Sarana Multigriya Finansial dan Grab Indonesia, yang antara lain diwujudkan dengan penyelenggaraan Expo KPR SMF-Grab di kantor Grab Indonesia di Cilandak, Jakarta Selatan, 16-17 September 2019.

Total sudah 30-an pengemudi dari sekitar 300 yang mendaftar untuk mendapatkan KPR dari perusahaan multifinance Reliance Finance dan Batavia Prosperindo Finance yang ditunjuk SMF menyalurkan KPR berbunga tetap itu. tenor atau jangka waktu kredit 15-20 tahun dengan bunga 12,5 persen per tahun. Ke 30-an pengemudi itu dianggap telah memenuhi kriteria untuk mendapatkan KPR. Pengemuid lain masih diproses kelayakannya.

“KPR SMF-Grab mendapat sambutan yang besar dari mitra driver Grab. Spirit program ini memperluas akses mitra driver yang merupakan pekerja informal terhadap pembiayaan pemilikan rumah,” kata Heliantopo, Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF, saat acara akad sebagaimana dikutp siaran pers SMF di Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Selama ini tidak mudah bagi pekerja informasl seperti pengemudi mendapatkan KPR bank. Umumnya yang bisa adalah pekerja berpenghasilan tetap. Kerja sama SMF-Grab mencoba memberikan solusi terhadap persoalan itu kendati jangkauannya juga masih sangat terbatas. Yang bisa mengaksesnya hanya mitra pengemudi terpilih yang selama ini produktifitasnya relatif konstan dan dinilai mencukupi untuk membayar cicilan.

Dengan bunga atau cicilan yang tetap setiap bulan, mitra pengemudi Grab bisa lebih mudah mengatur pembayaran cicilan KPR dan keuangannya, tanpa khawatir terhadap fluktuasi nilai cicilan naik turunnya tingkat bunga di pasar. “Ke depan kami yakin model kerja sama seperti ini bisa ditingkatkan lagi, sehingga makin banyak pekerja berpenghasilan tidak tetap yang bisa memiliki hunian yang layak,” jelas Heliantopo.