HousingEstate, Jakarta - Jaringan OYO Hotels & Homes memperkenalkan layanan coliving atau kamar kos dengan meluncurkan brand OYO Life. Ini produk penyewaan tempat tinggal jangka panjang yang menawarkan standar kenyamanan, fasilitas, keamanan, dan harga terjangkau khususnya bagi kalangan milenial.

“Kami cukup berhasil berkembang sebagai jaringan hotel (online) terbesar di Indonesia dalam hal jumlah kamar dengan ekspansi di 100 kota dalam waktu kurang dari setahun. Kami sangat yakin saat ini merupakan timing yang tepat mengembangkan bisnis ke segmen akomodasi jangka panjang untuk melayani kebutuhan penyewaan tempat tinggal berkualitas bagi profesional dan pelajar,” kata Eko Bramantyo, Country Head of Emerging Business OYO Indonesia, melalui siaran pers di Jakarta, Rabu (9/10/2019).

OYO Life akan menjadi prioritas kunci untuk bisnis OYO secara keseluruhan guna menjadi penyewaan tempat tinggal jangka panjang terbesar di Indonesia hingga akhir tahun ini. Indonesia sendiri merupakan negara ketiga setelah India dan Jepang untuk peluncuran OYO Life. Indonesia juga merupakan negara dengan banyak permintaan dari asset partners. Peluncuran OYO Life langsung membawa 2.500 unit kamar di delapan kota dengan target 10 ribu unit kamar di 10 kota hingga akhir 2019.

Menurut OYO, pasar kos di Indonesia merupakan sepertiga dari 70 juta orang di Asia yang memilih tinggal di unit kos atau sekitar 23 juta jiwa. Kenaikan harga rumah yang tinggi menjadi salah satu alasan utama orang Indonesia tidak terburu-buru membeli rumah. Yang baru memulai karirnya cenderung memilih kamar kos.

Bahkan, hingga tahun 2018 lebih dari separuh milenial di Jakarta memilih tinggal di kos yang dekat tempat kerjanya. Hal itu juga karena kebanyakan milenial memilih menggunakan uangnya terlebih dulu untuk menikmati berbagai experience seperti liburan, belanja, dan sejenisnya ketimbang menabung (seperti membeli rumah) untuk investasi jangka panjang.

Konsep setiap akomodasi OYO Life juga difokuskan pada kenyamanan dan kemudahan kalangan milenial yang melek teknologi. Dibekali fasilitas yang menjamin kebutuhan mereka seperti koneksi WiFi, TV, jasa housekeeping, kamera CCTV, hingga layanan 24 jam.

“Dengan pengalaman dan model bisnis kami yang unik dalam berinvestasi pada pengembangan infrastruktur dan pengerahan teknologi, kami mendukung mitra pemilik kos meningkatkkan pendapatan mereka. Kami bukan hanya platform pencarian tapi membantu mitra mengelola bisnisnya,” jelas Eko.