HousingEstate, Jakarta - PT Kurnia Putra Soegama (KPS), anak usaha PT Putra Soegama Land (PSL), meluncurkan  (grand launching) perumahan terbaru Naira Residence (2 ha/110 unit+3 ruko) akhir pekan lalu (1/11/2019). Lokasinya di Jalan Ciater, Serpong, Tangerang Selatan (Banten), sepelemparan batu dari kota baru berfasilitas lengkap BSD City (6.000 ha).

Tipe rumahnya 47/66 dan 60/84 dua lantai dengan lebar tanah 6-7 meter seharga Rp850 jutaan hingga Rp1,1 miliar/unit. Sementara ruko ditawarkan seharga Rp1,7 miliar/unit. Sekitar sebulan sebelumnya Sinar Mas Land (SML), developer BSD City, melepas klaster Fleek Hauz (2 ha/450 unit) dekat kawasan Greenwich Park berisi rumah modern minimalis dua lantai super kompak tipe 45/40, 45/48, dan 45/56 dengan lebar tanah 4-5 meter seharga mulai dari Rp860 jutaan.

Target pasarnya kalangan muda yang penghasilannya masih terbatas dan akan menghuni sendiri rumahnya (end user). Kurang dari sebulan seluruh rumahnya habis terpesan. Karena itu SML merilis lagi klaster baru Imajihaus (155 unit) di kawasan yang sama berisi rumah empat lantai split level tipe 77/55 seharga Rp1,4 miliaran.

Menurut Komisaris PSL Frans Yoga Soegama melalui siaran pers usai grand launching, Naira Residence, juga menawarkan rumah bergaya modern simpel yang kompak. Respon konsumen pun cukup antusias. “Sejak mulai dipasarkan April 2019 sudah terpesan lebih dari 50 unit. Target kami akhir tahun ini sudah habis,” katanya. Salah satu kelebihan rumah di Naira adalah luasa bangunan dan tanahnya yang lebih besar.

“Masih ada sisa lahan di halaman belakang untuk pengembangkan ruang seiring penambahan anggota keluarga. Konsepnya rumah tumbuh. Beda dengan rumah kompak lain di sekitarnya yang sudah stuck, tidak mungkin dikembangkan lagi karena kavelingnya sangat terbatas. Jadi, harga rumah yang kita tawarkan lebih kompetitif,” jelasnya. Naira Residence dikembangkan dengan konsep resort dilengkapi fasilitas club house berisi kolam renang dan lain-lain.

Sebelumnya PSL sudah mengembangkan tujuh perumahan berskala kecil di berbagai lokasi di megapolitan Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek). Antara lain Kencana Hill Residence (19 unit) di Ciater (Serpong) seharga Rp500 jutaan/unit, Permata Hill (3 ha/126 unit+12 ruko) di Rawakalong-GunungSindur (Bogor) dekat Serpong seharga mulai dari Rp350 jutaan, perumahan subsidi Green Iskandar Residence di Curug Kulon, Tagerang, di belakang kota baru Citra Raya (2.800 ha), Green Chandra Residence seharga mulai dari Rp300 jutaan, dan Blossom Park Residence (5 ha/400 unit rumah dan ruko) di Jl Pemuda, Cibinong, Gunung Sindur, Bogor. Permata Hill dan Blossom Park saat ini masih terus dikembangkan.