HousingEstate, Jakarta - Berbagai strategi diterapkan PT Pancakarya Griyatama agar tetap bisa menjual Apartemen Skandinavia (1 tower/37 lantai/1.065 unit) yang terletak di dalam superblok TangCity, Jl Jend. Sudirman, Cikokol, Kota Tangerang (Banten).

Menurut Sugiyanto Lie, Direktur PT Pancakarya Griyatama, setidaknya ada dua strategi yang dijalankan. Pertama, pihaknya menjual unit berikut perabot lengkap atau fully furnished. Pasar yang disasar adalah mereka yang suka berinvestasi di properti (investor). Unit yang dijual akan dioperasikan sebagai hotel oleh Fika Rooms dengan pembagian keuntungan 75 persen untuk pemilik dan 25 persen untuk pengelola.

Unit yang dijual fully furnished tersebut adalah tipe Alter Ego luas 44,8 m2 seharga mulai Rp975 juta. Target ada 200 unit yang akan dioperasikan sebagai Fika Rooms Hotel mulai Januari 2020. Sugiyanto optimis Fika Rooms akan sukses karena Hotel Novotel yang juga berada di TangCity tingkat huniannya sangat tinggi.

Kedua, menjual tipe Lagom dalam kondisi kosong (tidak dilengkapi perabot) tapi developer memberikan free desain interior 3D. Unit ukuran 44.8 m2 dijual 10 persen lebih murah dibandingkan tipe Alter Ego yang fully furnished, yaitu mulai Rp850 juta. “Dengan bonus desain 3D berikut gambar kerjanya konsumen bisa langsung memberikannya ke pihak kontraktor untuk dikerjakan,” katanya.

Dengan strategi-trategi seperti itu penjualan Skandinavia tetap baik, rata-rata masih 20 unit per bulan.