HousingEstate, Jakarta - Bisnis properti yang melemah sejak tahun 2015 lalu telah membentuk segmen pasar yang khusus dan unik yang mencari rumah tapak (landed house) untuk dihuni sendiri (pasar end user). Situasi itu disiasati developer dengan melansir rumah-rumah kompak di lokasi-lokasi yang sudah hidup lingkungannya. Seperti Sinar Mas Land (SML), menawarkannya di kawasan township BSD City (6.000 ha), Serpong, Tangerang, Banten.

Setelah sukses melansir rumah kompak Fleekhouz September lalu, SML kembali meluncurkan Imajihous (450 unit) yang tahap pertamanya sebanyak 155 unit langsung terjual. “Kami ingin mengajak konsumen mengimajinasikan ruang-ruang di dalam rumah yang kompak seperti ini. Kalau Fleekhouz lebar empat meter, Imajihous lima meter. Tapi, dengan lebar segitu bisa dibuat untuk enam tempat tidur ditambah fungsi-fungsi lain yang lengkap dan rumah tetap terlihat lapang,” kata Coristinus Muliawan, Head of Sales Residential BSD City, saat pembukaan unit contoh Imajihous di kantor marketing BSD City, Minggu (24/11/2019).

Imajihous dirancang arsitek Deni Gondo dari Studio Air Putih yang membuat rumah dua lantai ini menjadi fungsional dan terlihat ekstra lapang. Desain rumah dibuat beberapa split, sehingga bisa membuat ruang tamu dengan ketinggian plafon mencapai 3,9 meter. Di bagian dalam rumah seperti memiliki 3,5 lantai karena ada beberapa undakan anak tangga.

Bagian lantai satu digunakan untuk area publik dengan model dapur terbuka dan beberapa undakan tempat duduk di ruang tamu untuk menampung orang lebih banyak. Di ruangan ini bahkan bisa menampung 20 orang sekaligus. Masih ada powder room (wastafel dan kloset) dan ruang servis di belakang yang luasannya sangat memadai.

Naik ke lantai dua di ujung tangga ada ruang belajar, kamar anak, dan naik lagi beberapa anak tangga untuk ke ruang kamar tidur utama. Di undakan anak tangga ketiga ada lagi kamar plus bunk bed yang bisa menampung tiga tempat tidur sehingga total di rumah kompak ini bisa menampung enam tempat tidur. Bagian bawah tangga selain untuk powder room masih menyisakan sedikit ruang untuk gudang selain beberapa anak tangga dijadikan hidden storage.

Imajihous hanya tersedia dalam satu tipe berukuran 77 m2 dengan kaveling 5 x 11 (55 m2) dan 5 x 12 (60 m2) seharga mulai Rp1,43 miliar. Harga tersebut sudah termasuk PPN dan seluruh perabotannya (full furnished). Yang tidak termasuk hanya perangkat elektronik. Rumahnya juga sudah dilengkapi dengan smart home system untuk mengatur pencahayaan, dua titik CCTV, dan smart door lock.

Suryanto Chandra, Department Head of Sales & Promotion Residential BSD City menambahkan, Imajihous merupakan peningkatan dari Fleekhouz yang harganya mulai Rp850 jutaan dan langsung habis dalam sepekan sebanyak 455 unit. Imajihous dihadirkan karena masih banyak konsumen yang tidak mendapatkan unit saat peluncuran Fleekhouz.

“Jadi, yang dibutuhkan adalah inovasi terkait jenis produk, segmen market, maupun lokasi saat situasi bisnis properti yang lesu saat ini. Dengan produk yang tepat kami masih bisa membukukan penjualan yang cukup baik. Terlebih Imajihous ini lokasinya di klaster besar Greenwich Park yang sudah hidup dan banyak fasilitasnya. Imajihous cocok untuk keluarga muda yang nggak perlu pusing kalau orang tua atau kerabatnya mau menginap. Beli rumah ini juga tinggal masuk bawa koper, karena semuanya sudah dilengkapi, tidak seperti rumah kompak biasa yang harus direnovasi lagi,” jelasnya.