HousingEstate, Jakarta - Saat ini rumah murah paling banyak dicari konsumen. Yaitu, rumah satu lantai tipe 40-60 m2 di atas kaveling 60-80 m2. Sedangkan untuk apartemen yang paling banyak dicari unit tipe 20-40 m2 di lantai 8-10. Situs iklan jual beli properti daring (online) OLX mengungkapkan hal itu saat memaparkan hasil evaluasinya terhadap aktivitas ikaln jual-beli-sewa properti melalui market place itu di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Pemaparan dilakukan Ignasius “Igna” Ryan Hasim, Head of Real Estate OLX Indonesia, didampingi Chief Commercial Officer Agung Iskandar, berkaitan dengan penyelenggaraan pameran properti Properti Baru Expo oleh OLX.co.id di Pasaraya, Blok M, Jakarta Selatan, sepanjang 25 November sampai 1 Desember 2019.

Pameran itu diikuti 12 proyek yang dikembangkan sejumlah developer ternama Indonesia di megapolitan Jabodetabek, seperti Citaville Parung Panjang (Greenwoods Group), Akasia Pure Living (Sinar Mas Land), Serpong Natura (Sentul City Group), Savasa (Panasonic Home), dan lain-lain, menawarkan rumah dan apartemen seharga mulai dari Rp200 jutaan/unit.

Untuk properti baru (primary), OLX sejak akhir tahun lalu membuka lini bisnis propertibaru.com. Pameran itu berkaitan dengan upaya mensosialisasikan lini bisnis baru itu. Saat ini 52 developer (proyek) sudah bermitra dengan OLX. Iklan properti baru itu juga mendapat respon cukup bagus, mencapai 15.000 leads dari sekitar 100 ribu kunjungan per bulan (Oktober 2019) dengan penjualan mencapai 150 unit. “Itu pencapaian yang cukup agresif untuk usia lini bisnis propertibaru yang baru setahun,” ujar Agung. OLX Indonesia sendiri sudah hadir di Indonesia sejak 2005.

Menurut Igna, kata-kata kunci pencarian rumah yang paling banyak muncul di OLX saat ini adalah (berturut-turut) murah, siap huni, dekat sesuatu (sesuai preferensi masing-masing), nama klaster, desain minimalis, strategis, dan mewah. Sedangkan untuk apartemen kata-kata kunci paling banyak muncul adalah city (nama apartemen), murah, tower, studio, cepat, full furnish, dan view.

“Untuk rumah, yang paling banyak dicari rumah satu lantai dengan bangunan 40-60 m2 dan tanah 60-80 m2. Sedangkan untuk apartemen tipe 20-40 m2 di lantai 8-10,” katanya. Lokasi hunian yang paling banyak dicari masih didominasi Jawa Barat (27 persen) seperti Bandung, Bekasi, dan Depok, disusul Jakarta (18 persen), Jawa Timur (13 persen) terutama wilayah greater Surabaya, Banten (9 persen) seperti di sekitaran Serpong, dan Jawa Tengah (7 persen) terutama wilayah Joglo Semar (Jogja, Solo, Semarang).

Harga rumahnya yang paling banyak dicari di kisaran Rp400–600 jutaan/unit. Agung menambahkan, secara nasional rata-rata harga properti yang banyak dicari di OLX mencapai Rp546 juta/unit, di megapolitan Jabodetabek Rp598 juta, dan di Surabaya Rp991 juta. “Jadi, di Surabaya harga rumah yang banyak ditawarkan dan dicari jauh lebih tinggi daripada di Jabodetabek,” ujarnya.

Igna menyebutkan, setiap bulan masuk sekitar 562 ribu iklan properti baru ke OLX, berasal dari 84 ribu penjual, dengan 83 persen di antaranya berasal dari perorangan dan 17 persen dari broker properti yang mencapai 14.000 agen. Sebagian besar (59 persen) berupa penawaran rumah, disusul tanah (27 persen), apartemen (7 persen), preoperti komersial (5 persen), dan kost (1 persen). Sekitar 90 persen berupa penawaran jual, 10 persen sewa.

“Total setiap bulan iklan jual beli properti yang aktif di OLX mencapai 1,3 jutaan dengan properti yang laku mencapai 37 ribu unit senilai Rp29 triliun,” ungkapnya. Saat ini layanan portal OLX.co.id  sudah mencakup Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan Malang selain megapolitan Jabodetabek. Dalam waktu dekat akan dibuka layanan di Bali.