HousingEstate, Jakarta - Untuk akses masuk-keluar bangunan komersial dibutuhkan pintu yang bukan hanya  aman tapi juga menarik tampilannya. Salah satunya rolling door atau shutter yang terus berevolusi model desain dan tingkat keamanannya.

Menurut Permadi Sudjana, Technical Sales Manager PT Sanwamas Metal Industry, produsen rolling door Sanwamas, menggunakan pintu rolling door bisa menjadi cara untuk menghemat ruang. “Sistem buka-tutup rolling door yang menggulung ke atas tidak memakan ruang. Untuk ruang-ruang komersil seperti ruko dan toko di dalam mal, efisiensi itu penting karena sewa ruangnya mahal,” katanya melalui siaran pers di Jakarta pekan lalu. Misalnya, pintu biasa dengan bukaan ke samping setidaknya memakan space 50 cm di kiri kanan atau total satu meter.

Sanwamas memiliki tipe rolling door Crystal Clear Shutter (CCS), Light Weight Shutter (LWS), dan Heavy Weight Shutter (HWS) yang tetap bisa memperlihatkan bagian dalam ruang saat pintu gulung itu tertutup tanpa mengurangi tingkat keamanannya. Saat ini tipe CCS banyak digunakan di mal-mal seperti gerai Uniqlo. Tipe ini menampilkan desain yang mewah dan menggunakan material terbaik yang tidak mudah tergores dan berkarat. Dilengkapi sistem penguncian tambahan berstandar Jepang yang diklaim lebih baik dan aman.

Rolling door serupa dapat digunakan untuk area lain yang juga tetap perlu terbuka seperti area parkir, toilet, dan tempat pembuangan sampah. Untuk area parkir dan toilet yang diutamakan adalah sistem keamanannya, sedangkan untuk tempat pembuangan sampah lebih untuk menutup atau mengurangi bau.

“Ada tiga keunggulan produk ini. Safety supaya tidak membahayakan pengguna, hingga security untuk menjamin keamanan ruang di dalamnya yang ujungnya convenience untuk pengguna. Kami memiliki model dan warna yang bisa dipilih sesuai konsep toko dan selera,” kata Permadi.