HousingEstate, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali meresmikan hunian yang bisa dibeli dengan program depe nol rupiah. Setelah sebelumnya membangun Klapa Village di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, hunian depe nol rupiah yang disebut solusi rumah warga (Samawa) itu, mulaii dibangun yang kedua Nuansa Cilangkap di Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur.

Menurut Yoory C Pinontoan, Direktur Utama Pembangunan Sarana Jaya, perusahaan BUMD yang mengembangkan Nuansa Cilangkap, proyek dibangun di atas lahan seluas 2,9 ha. Tahap pertama akan dibangun satu tower (0,65 ha) 24 lantai mencakup 850 unit hunian. “Rencananya kami akan membangun sebanyak empat tower dan kembali bermitra dengan PT Totalindo Eka Persada Tbk sebagai kontraktor. Semoga makin banyak warga Jakarta yang bisa memanfaatkan fasilitas ini,” katanya saat acara dimulainya pembangunan proyek (ground breaking), Kamis (12/12/2019), sebagaimana dikutip dari website resmi Pemprov DKI Jakarta.

Selanjutnya, proyek Samara dengan depe nol rupiah ini diharapkann bisa berperan besar dan berpengaruh positif kepada kawasan dan berbagai aspek. Adanya proyek ini diyakini akan meningkatkan perekonomian, pendidikan, kesehatan, hingga sosial, lingkungan, dan kemasyarakatan yang lebih baik.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menambahkan, proyek hunian ini harus bisa diselesaikann dengan cepat namun tetap cermat, matang, dan berkualitas. Proses pembangunannya juga harus dilakukan secara terbuka setiap tahapannya sehingga bisa dipantau update-nya oleh masyarakat.

“Pembangunan proyek ini harus cepat, efisien, dan murah on budget namun tetap menjaga kualitas. Kualitas tetap harus diutamakan karena ini akan dihuni oleh keluarga selama bertahun-tahun. Saya berpesan khusus kepada kontraktor, bangun proyek ini dengan membayangkan sedang membangun rumah untuk keluarga sendiri,” pungkas Anies.