HousingEstate, Jakarta - Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), investasi asing dari Korea Selatan (Korsel) yang masuk ke Indonesia  mencapai 7,6 miliar dollar AS selama lima tahun terakhir. Angka penanaman modal asing (PMA) tersebut menempatkan Korsel pada peringkat 3-4 terbesar.

Lima sektor terbesar investasi Korsel di sini di bidang permesinan, elektronik, baja, pertambangan, listrik-air-karet dan gas, hingga lifestyle. Indonesia telah menjadi negara favorit untuk berinvestasi bagi perusahaan besar Korsel seperti Lotte, Hyundai, Samsung, LG International, dan lain-lain.

Lotte Group misalnya, bekerja sama dengan PT Modernland Realty Tbk  mengembangkan proyek mixed use seluas 5 ha di kawasan Jakarta Garden City (JGC/370 ha), Cakung, Jakarta Timur. Lotte melihat potensi yang sangat besar untuk pengembangan proyek property. Karena itu kedua perusahaan bermitra mendirikan PT Lotte Land Modern Realty untuk menggarap proyek itu.

“Kami memiliki pengalaman yang panjang pada berbagai sektor bisnis. Untuk sektor properti, kami telah berhasil membangun gedung pencakar langit tertinggi kelima di dunia. Selain itu produksi unit apartemen kami rata-rata 15 ribu unit setiap tahun di Korsel. Kami ingin membawa pengalaman, teknologi canggih, hingga kemampuan manajemen kami untuk mengembangkan proyek properti di Indonesia,” kata Presiden Direktur PT Lotte Land Indonesia Kim Jeong Heon, saat penandatanganan kontrak joint venture (JV) dengan Modernland di JGC, Kamis (12/12/2019).

Indonesia menjadi pasar yang sangat penting bagi Lotte Group karena pasarnya yang besar. Lotte berencana berbisnis untuk jangka waktu yang sangat panjang. Karena itu Kim menjamin semua investasi dan keuntungan yang dihasilkan dari bisnis properti di Indonesia, semuanya akan diinvestasikan kembali untuk pasar Indonesia guna memberikan yang terbaik dan kelancaran berbisnis di sini.

Terkait bisnis properti di Indonesia yang tengah menurun beberapa tahun terakhir, hal tersebut tidak menghilangkan potensi besar dari pasar di sini. Karena itu menurut Kim, pihaknya terus melakukan analisis pasar terkait keinginan konsumen terhadap produk properti yang paling dibutuhkan. Yang pasti, Lotte Land Modern Realty akan membuat produk untuk memenuhi kemauan pasar zaman sekarang dengan produk yang sebaik mungkin.

“Di Korsel total populasinya sekitar 50 juta orang dan rata-rata menginginkan tinggal di apartemen. Makanya suplai kami 15 ribu unit per tahun bisa lancar. Situasi di Korsel ini akan kita implementasikan di sini karena beberapa hal memiliki persamaan. Kita semua tentu tahu K-Pop (Korean Pop) BTS (Bangtan Boys) asal Korea Selatan yang sangat terkenal di Indonesia. Kami akan membuat produk properti di sini menjadi sangat populer seperti K-Pop itu,” beber Kim.