HousingEstate, Jakarta - Housing-estate.com – Cirebon, 10 Januari 2014. Pengembang properti Metland melalui anak perusahannnya PT Metropolitan Deta Graha membuka secara resmi hotel bintang tiga pertamanya di kota Cirebon, Jawa Barat, tepatnya di Jl Siliwangi No. 61 yang berjarak sekitar 200 m dari stasiun kereta Kejaksan Cirebon. Hotel delapan lantai yang mengusung merek baru Metland Hotel ini diresmikan oleh Walikota Cirebon Ano Sutrisno didampingi Presdir PT Metropolitan Land, Tbk., Nanda Widya, dan Sultan  Sepuh XIV P.R.A. Arief Natadiningrat dari Keraton Kasepuhan Cirebon.

Metland Hotel yang dioperatori oleh Metland Sense ini dibangun di atas lahan seluas 1.131 m2 berkapasitas 98 kamar, terdiri dari 50 unit superior, 41 deluxe room dan 7 suites room bertarif mulai Rp1 juta/room/night (nett). Selama masa promosi per Januari ini, tarif sewa untuk unit superior hanya Rp399.000 (nett). Hotel yang menyasar pelanggan dari korporat ini memiliki empat fasilitas ruang serbaguna dengan kapasitas hingga 200 orang. Disamping juga wifi, fitness center, coffee lounge, tempat bermain anak dan shuttle.

Di dalam kompleks hotel juga terdapat Umah Kebon atau rumah kebun seluas 2.000 m2 yang merupakan upaya pelestarian rumah kolonial Belanda yang difungsikan untuk restoran dan galeri. Di situ penghujung hotel dapat menikmati kuliner khas Cirebon seperti empal gentong, mie koclok dan nasi jamblang. Umah kebon juga nantinya akan menyediakan foto dengan kostum karakter sari sejarah kotaCirebon yakni Putri Ong Tien, Sunan Gunung Jati dan Panglima Cheng Ho. “Metland hotel memang dikonsepkan memadukan unsur modern dan etnik tradisional, salah satunya dengan pemakaian motif batik megamendung khas Cirebon pada interiornya,”ujar Nanda. Target okupansi hotel dengan nilai investasi Rp40 miliar ini di tahun pertama sebesar 60-65 persen dengan sasaran pengunjung dari kedinasan.

Perkembangan perhotelan di kota Cirebon mencapai 22,2 persen pada tahun lalu. Sementara izin hotel baru di Cirebon menurut Ano Sutrisno untuk 2014 ini mencapai 15 buah.Diyah