HousingEstate, Jakarta - Housing-estate.com. Cirebon. Metland Hotel Cirebon melestarikan kebudayaan Cirebon, Jawa Barat, dengan menggandeng 30 tukang becak untuk menjadi mitra hotel yang berlokasi di Jl Siliwangi itu. Tampilan becak dimodifikasi dengan lukisan ikon motif batik khas Cirebon megamendung. Becak-becak ini berada di sekitar stasiun kotaCirebon dan siap mengantar Anda dari stasiun ke hotel dan ke tempat-tempat wisata di kotaCirebon dengan tarif yang bersahabat. Jika Anda menginap di Metland Hotel misalnya, tarif telah ditentukan pihak hotel sehingga tak perlu tawar menawar. Ongkos becak dari stasiun Kejaksan ke hotel dan sebaliknya yang berjarak 200 m sekitar Rp15.000, sedangkan  ke obyek wisata Keraton Kanoman Rp 25.000 dan Goa Sunyaragi Rp30.000.

Becak wisata ini juga menjadi bagian dari kampanye merek dari Metland Hotel selain bermanfaat juga untuk membina para tukang becak dan memperkenalkan motif batik. Purwantono, Vice Director Hotel Division PT Metropolitan Land, Tbk., berharap akan lebih banyak lagi tukang becak yang bisa bergabung dalam program ini. Sultan Sepuh XIV dari Keraton Kasepuhan Cirebon P.R.A. Arief Natadiningrat juga merespon positif upaya pembinaan becak wisata ini untuk lebih menarik lagi para wisatawan menjelajah kotaCirebon.

Dalam catatannya, kunjungan turis-turis asing  semakin meningkat ke Cirebon melalui frekwensi bersandarnya kapal pesiar hampir setiap bulan. Sejak Oktober lalu hingga Februari mendatang, jadwal kapal pesiar yang membawa turis dari Eropa akan bersandar di Cirebon cukup padat. “Hanya perlu ditunjang lagi dengan fasilitas dermaga yang memadai agar kapal pesiar dapat bersandar langsung di pesisir Cirebon tanpa perlu dijemput dengan kapal kecil,”ujar P.R.A Arief Natadiningrat dalam sambutannya saat meresmikan pengoperasian Becak Wisata di Metland Hotel Cirebon (10/1). Diyah