Untuk keluarga
“Prinsipnya menanam tumbuhan obat itu untuk keluarga dulu,” kata Tati Winarto, Herbalis Yayasan Pengembangan Tanaman Obat Karyasari, sebuah yayasan yang bertujuan mengembangkan tumbuhan obat lokal sejajar dengan obat kimia. Menanam dan merawatnya sama seperti tanaman biasa. “Hanya tanaman obat tidak boleh diberi pupuk kimia, karena sebagian bisa dikonsumsi mentah (lalaban). Pupuknya harus organik,” tambahnya.

Sebagai pestisidanya Anda bisa memakai tanaman yang ada bau atau rasa pahitnya. Caranya, tumbuk halus tanaman dan rendam selama satu malam. Setelah itu tiriskan airnya sebelum disemprotkan ke tanaman. Mendapatkan bibit tanaman obat tidak sulit. Tinggal mendatangi Kebun Raya Bogor, Karyasari, dan tempat-tempat penjualan lain di Cipaku dan Sukabumi.

Di situ Anda bisa sekaligus mempelajari cara menanam, merawat, dan memanfaatkannya. Menurut Tati, kebanyakan tumbuhan obat di Karyasari sudah diuji klinis atau dicobakan kepada manusia sehingga aman dikonsumsi. Sebagian di antaranya sudah dikemas dalam bentuk kapsul. Pada edisi berikutnya akan kami paparkan khasiat sejumlah tumbuhan obat berikut cara mengkonsumsinya. Dok. Majalah HousingEstate

Laman: 1 2 3 4