HousingEstate, Jakarta - Untuk membantu masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik mendapat akses informasi, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) meluncurkan situs ayomudik.com. Menurut Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian PU, Djoko Mursito, peluncuran situs ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang sarana dan prasarana jalan melalui komunitas media sosial.

“Dengan situs ini masyarakat lebih tahu langkah nyata apa saja yang sudah dilakukan Kementerian PU dalam menyiapkan infrastruktur umum menjelang mudik lebaran tahun ini. Responnya cukup bagus, saat ini pengunjungnya sudah lebih dari 6.431,” ujar Djoko saat launching ayomudik.com di kantor Kementerian PU Jakarta, Kamis (17/7).

Situs ini juga memberi informasi tentang tempat istirahat (rest area) dan tip mudik aman dengan enam moda transportasi (mobil, kapal laut, pesawat, kereta, bus, dan motor). Selain itu ada juga informasi mengenai daerah rawan banjir, rawan longsor, pasar, peta perjalanan rute Jakarta-Boyolali, Jakarta-Surabaya, dan sebagainya.

Ayomudik.com juga bisa diakses secara mobile lewat perangkat smartphone. Kementerian PU juga membuat sebuah jingle lagu berjudul Selamat Pulang Kampung dengan moto Selamat Pulang Kampung, Pulang Kampung Harus Selamat. Yudis