HousingEstate, Jakarta - Bila dibangun di Jakarta proyek ini bisa jadi kontroversial. Maklum ini adalah proyek mal yang dibangun di lahan bekas stadion legendaris di San Francisco, California, AS.  Tapi pemerintah  setempat justru memberi izin stadion rugby di daerah Bayview Heights itu dihancurkan dan diubah menjadi pusat perbelanjaan yang diberi nama Macerich Mall.

Berdiri sejak tahun 1960, stadion Candlestick Park berkapasitas 70.000 tempat duduk itu dinilai tidak layak lagi. Apalagi  klub rugby 49ers yang sempat bertahun-tahun menjadikan the Stick, sebutan stadion ini, sebagai homebase-nya, sudah punya “rumah” baru di Stadion Levi’s, Santa Clara.

Selain sebagai tempat pertandingan, stadion ini juga cukup legendaris sebagai tempat pertunjukan musik. Era 1960-an grup musik Beatles pernah manggung di sini  dan Paul McCartney berkonser di stadion ini pada Maret 2014, sekaligus menjadi  penutup penggunaan stadion sebelum dihancurkan.

Mal yang dibangun Lennar Corp dan Macerich  (operator mal) ini dirancang sebagai “urban outlet”.  Urban outlet mall adalah pusat belanja berisi beberapa toko besar yang  menjual barang fashion branded  dengan harga murah. Proyek seluas 46.000 m2 ini akan dilengkapi ruang komersial yang mengakomodir pedagang lokal, bioskop, arena pertunjukan, restoran dan hotel (220 kamar), serta pasar bertema migran Afrika. Selain itu ada 6.225 unit hunian.

Wall Street Journal memperkirakan biaya pembangunannya lebih dari 200 juta dolar AS.   Tahap pertama dijadwalkan rampung tahun 2017, merangkum outlet mall, hotel dan 600 unit rumah. Menurut pihak Lenar dan Macerich, proyek ini akan menciptakan 3.000 pekerjaan, 50 persen diantaranya akan diambil dari penduduk sekitar. Penghancuran stadion sudah dimulai dan diperkirakan memakan waktu empat bulan.

Di San Francisco, Lennar  sohor sebagai pengembang rumah dan kawasan peremajaan kota. Selama sembilan bulan 2014, Lennar berhasil menjual 16.537 unit rumah di seantero negeri. Adapun Macerich adalah pemilik sejumlah mal besar di AS, mulai mal kelas bawah sampai mewah. Menurut Randy Brant, Executive Vice President Macerich, lokasi Candlestick tergolong premium dan akan menjadi salah satu pusat ekonomi regional yang sangat kuat.

Ed Lee, Walikota San Francisco, mengatakan, pembangunan Candlestick dan peremajaan kawasan The Shipyard akan membuat San Francisco lebih menjanjikan sebagai kota bagi semua kelas ekonomi. Upayanya ini menjadi pijakan pertama untuk merevitalisasi sebuah komunitas, dengan menyediakan rumah, pekerjaan, taman, ruang terbuka dan pertumbuhan ekonomi melalui kerjasama dengan pihak swasta.

Sumber: Wall Street Journal & NBC Bay Area