HousingEstate, Jakarta - Menjelang akhir tahun 2014 ini begitu banyak developer yang meluncurkan proyek apartemennya di berbagai lokasi Jakarta. Terakhir, Apartemen Belmont Residence di Meruya, Jakarta Barat hasil pengembangan PT Perdana Gapura Prima Tbk (PGP) juga diluncurkan akhir pekan lalu. Arvin F. Iskandar, Komisaris PGP, menampik kalau kawasan Jakarta Barat merupakan wilayah yang paling banyak meluncurkan proyek apartemen.

“Berdasarkan data dari konsultan properti Colliers, yang paling banyak meluncurkan apartemen itu wilayah Jakarta Utara, ada 5 ribuan unit yang diluncurkann di sana. Yang banyak juga di Jakarta Timur, sama sekitar 5 ribuan, kemudian Jakarta Pusat, baru Jakarta Barat. Jadi kita peringkat ketiga,” ujarnya kepada housing-estate.com  di Jakarta, Rabu (3/11).

Menurut Arvin, Jakarta Barat dianggap banyak meluncurkan unit apartemen karena wilayahnya ditarik hingga ke kawasan Serpong sehingga perhitungannya memasukan juga suplai apartemen di kawasan ini sehingga terlihat suplai apartemennya lebih banyak. Karena itu Arvin menganggap, suplai  apartemen tidak bisa dibilang jenuh seperti anggapan banyak orang terkait banyaknya launching apartemen di akhir tahun ini.

“Semuanya terserap, artinya pasar memang masih membutuhkan karena ini untuk hunian. Hasil riset kita sendiri menyebutkan, pasar apartemen kelas middle merupakan pangsa pasar yang paling oke untuk kita tangkap, karena kelas ini pertumbuhannya paling pesat dalam 2-3 tahun belakangan ini. Makanya proyeksi kita tetap  optimistis termasuk untuk tahun depan,” tandasnya.