HousingEstate, Jakarta - Sekolah ini patut dicontoh oleh semua kalangan yang menaruh perhatian pada bangunan sekolah. Meski berada di tengah kota dan menempati lahan cukup sempit, lingkungannya asri dan hijau. Sekolah dasar yang baru dibuka pada bulan September tahun lalu itu berada di Boulogne Billancourt, sebuah komune di pinggiran barat Paris, Perancis, negeri yang baru saja menarik perhatian dunia karena serangan bersenjata di kantor majalah satire Charli Habdo beberapa waktu lalu.

Pengelola sekolah ini tampaknya cukup cerdik dalam menyiasati lahan mereka yang tidak luas. Mereka kemudian membangun sebuah area hijau di atap mereka yang besar. Atap tersebut dijadikan roof garden.

Area tersebut dimanfaatkan untuk mempromosikan ilmu pengetahuan, keanekaragaman hayati dan pembangunan berkelanjutan melalui arsitektur dan pendidikan. Proyek menakjubkan ini dirancang oleh arsitek asal Paris bernama Chartier-Dalix. Dia pernah memenangkan sebuah kompetisi desain pada tahun 2011.

Sekolah ini memiliki delapan belas ruang kelas dan pusat olahraga yang terbuka bagi warga setempat. Ruang olahraga outdoor itu berada pada ketinggian 12 meter atau berada pada lantai tiga gedung sekolah tersebut.

Setiap tingkat memiliki taman bermain sendiri, dan masing-masing dilengkapi dengan lahan tanah yang dihiasi beberapa furnitur dan pohon.

Sumber: Merdeka
foto : chartier-dalix.com

Next : Lihat Desain Sekolah Hijau

Laman: 1 2