HousingEstate, Jakarta - Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS) memberikan fasilitas Tambahan Bantuan Membangun (TBM) hingga maksimal 20 juta untuk para PNS. Fasilitas ini dapat digunakan oleh para PNS untuk menambah biaya uang muka ataupun kebutuhan lainnya terkait perumahan.

Menurut Heroe Soelistiawan, Direktur Utama Bapertarum, awalnya Bapertarum dibentuk hanya untuk penyediaan uang muka bagi kalangan PNS yang ingin membeli rumah. Pada perjalanannya, Bapertarum menambah fasilitas untuk kalangan PNS seiring pengelolaan dananya yang kian besar.

“Makanya sekarang kita berikan TBM, rinciannya maksimal sampai Rp20 juta untuk rumah tapak dan Rp30 juta untuk rumah susun (rusun). Pinjaman ini bisa dipakai sampai tenor 15 tahun dengan bunga 3,25 persen untuk golongan I dan  untuk golongan IV bunganya 6 persen,” ujarnya kepada housing-estate.com di Kantor Bapertarum, Jakarta, Senin (8/6).

bapertarum pns

PNS bisa menggunakan dana ini untuk membantu pembelian rumah baik itu dengan program bantuan fasilitas likuiditas pembiaayaan perumahan (FLPP) maupun non FLPP. Bagi PNS yang ingin membeli rumah dengan program FLPP, dengan tambahan TBM ini hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp1 juta-Rp1,5 juta.

“Namanya membeli rumah itu sebaiknya memang kita ada share walaupun sedikit. Tapi paling tidak dengan adanya tambahan dana ini PNS jadi lebih mudah untuk membeli perumahan. Ini juga potensi untuk kalangan pengembang karena potensi konsumennya menjadi lebih luas,” tandasnya.

close
GRATIS | Majalah HousingEstate